Selama UAS, Perhatikan Tiga Hal Penting Penggunaan Media Sosial Ini!

(Dok. Istimewa)

 

Tak dipungkiri, media sosial sudah menjadi kebutuhan bagi mahasiswa saat ini. Bahkan, berbagai aktivitas harian mahasiswa tak dapat dipisahkan dari peran media sosial. Mulai dari sekadar mencari hiburan dan mengisi waktu luang, berbagi informasi mengenai perkuliahan, koordinasi dalam organisasi, hingga berkomunikasi dengan kerabat. Ya, perkembangan zaman yang begitu hebat saat ini telah menyediakan satu ruang serba guna bernama media sosial.

Selain memberikan kemudahan, media sosial juga bisa menyebabkan kecanduan bagi penggunanya. Kecanduan tersebutlah yang melatarbelakangi keinginan seseorang untuk terus-menerus mengakses media sosial yang dimilikinya, seperti Twitter, Instagram, Line, WhatsApp dan lain sebagainya. Perilaku kecanduan media sosial ini berimbas buruk bagi penggunanya karena banyak menghabiskan waktu sehingga kurang produktif.

Sebagai kaum intelektual muda, mahasiswa dituntut untuk selalu produktif  baik itu di bidang akademik maupun nonakademik. Terlebih jika mendekati waktu ujian seperti UTS atau UAS, mahasiswa membutuhkan banyak persiapan untuk belajar dan tugas akhir semseter. Jangan sampai waktu terbuang percuma karena terlena akan hiburan yang dijanjikan oleh media sosial. Simak beberapa tip ini supaya UAS Anda tidak terganggu oleh media sosial.

  1. Batasi Durasi Penggunaan Media Sosial

Agar tidak mengganggu waktu belajar saat UAS, batasi penggunaan media sosial. Anda bisa menjadwalkan untuk menggunakan media sosial pada jam dan durasi tertentu. Jadwal tersebut akan menghindarkan kemungkinan Anda mengakses media sosial di sela-sela aktivitas Anda, sehingga Anda bisa lebih produktif saat menjalankan aktivitas tersebut.

  1. Nonaktifkan Pemberitahuan Media Sosial

Menonaktifkan pemberitahuan di media sosial bisa membuat Anda lebih fokus saat belajar maupun mengerjakan tugas akhir semester. Hal ini dikarenakan jika Anda mendengar dering pemberitahuan dari media sosial, anda akan merasa ingin tahu dan ingin mengakses media sosial tersebut untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.

  1. Manfaatkan sebesar mungkin media sosial untuk menunjang proses belajar saat UAS seperti berbagi materi kuliah dengan teman. Gunakan media sosial sebaik-baiknya untuk mengerjakan tugas atau mengakses informasi yang berkaitan dengan mata kuliah Anda.

Bagaimana? Sudah siap menjalankan ujian akhir semester ini? Pada dasarnya hal yang Anda butuhkan adalah pengendalian diri. Dengan begitu, Anda akan mampu bijak dalam menggunakan sosial media. (Verawati Meidiana/Manunggal)