Sekolah Vokasi Tidak Lagi Menerima Prodi D3

Dok. Istimewa

ManunggalCybernews–Ketua Lembaga Pengembangan & Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP), Prof. Edy Rianto, mengungkapkan bahwa Universitas diponegoro (Undip) tidak lagi membuka pendaftaran jenjang D3 melainkan D4 atau Sarjana Terapan. Hal ini didukung dengan adanya kebijakan nasional bahwa universitas didorong untuk menghasilkan lulusan yang lebih mumpuni dalam bidangnya.

“Undip tidak lagi menerima mahasiswa D3 kecuali untuk PSDKU. Sementara PSDKU masih membuka jenjang D3 karena baru berjalan dua tahun ini. Syarat membuka PSDKU yang D4 adalah prodi sejenis yang berada di kampus utama akreditasinya harus A, sedangkan saat ini belum ada yang akreditasinya A. Jadi, satu-satunya jalur ya tetap menerima D3 tetapi yang kampus utamanya itu ditiadakan lagi,” tuturnya.

Dalam wawancara ekslusif yang dilakukan oleh reporter Cybernews LPM Manunggal ini, Prof. Edy juga menambahkan bahwa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ujian mandiri kini tidak lagi disebut sebagai Ujian Mandiri D3 melainkan ujian mandiri sarjana terapan. Adapun kegiatan perkuliahan jenjang D4 berada di kampus Tembalang dan Pleburan.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) susulan tetap diberlakukan karena para mahasiswa baru prodi D4 ini nantinya tidak sama halnya dengan mahasiswa baru undip yang jenjang lainnya. “Teknis kalender akademiknya ya mengikuti sekolah vokasi,” pungkasnya.(Isna/Manunggal)