Segambrang, Sehat dengan Teh Kecombrang

Tim PKM-K Segambrang, Sehat dengan Teh Kecombrang, berfoto bersama dosen pembimbing. (Dok. Pribadi)

Tim PKM-K Segambrang, Sehat dengan Teh Kecombrang, berfoto bersama dosen pembimbing. (Dok. Pribadi)

ManunggalCybernews—Segambrang, Sehat dengan Teh Kecombrang adalah salah satu Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) dari lima mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip, yakni Laeila Apsari, Vipi Nurpila, Siti Rahayu, Selli Marselina, dan Mia Rahmani. Produk ini menggunakan kecombrang sebagai bahan baku pembuatan teh sehat dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berkhasiat menangkal penuaan dini dan mencegah kanker.

Laeila Apsari, Ketua tim PKM–K Segambarang mengatakan, penggunaan kecombrang sebagai bahan baku merupakan inisiasi dari salah satu anggota tim yang mendapati banyak kecombrang di daerah asalnya. Selain khasiat kecombrang yang tak kalah dengan teh hijau, teh ini juga memiliki aroma yang kuat dan khas. Meski sempat kesulitan memperoleh bahan baku, tim segera mengatasi masalah tersebut dengan memesan dari sebuah super market yang kini menjadi supplier tetap untuk mendapatkan kecombrang.

Hingga saat ini, penjualan teh kecombrang telah mencapai 433 kotak. Penjualan akan terus dilakukan hingga mencapai target, yaitu sebanyak 484 kotak. Setiap kotak teh kecombrang berisi sepuluh tea bag, dijual seharga Rp 10 ribu melalui media sosial dan informasi dari mulut ke mulut. Laeila berharap, timnya dapat segera memproduksi varian-varian baru teh kecombrang, memperoleh sertifikat halal dan BPOM, serta memperluas pemasaran produk. (Kalista/Manunggal)