Satu-satunya Calon Senator Wakil UKM Tak Lolos Verifikasi

Suasana Verifikasi Berkas Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM, Tim Pemantau, dan UKM (19/11) di sekretariat Panlih Pemira. (Kiki/Manunggal)

Suasana Verifikasi Berkas Bakal Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM, Tim Pemantau, dan UKM (19/11) di sekretariat Panlih Pemira. (Kiki/Manunggal)

ManunggalCybernews—Berbeda dengan tahun lalu, berdasarkan SK Panitia Pemilihan (Panlih) No. 15/SK-PANLIH UNIVERSITAS DIPONEGORO/XI/2015, tahun ini sistem keanggotaan senat menganut prinsip keterwakilan  bukan proposionalitas. SK Panlih No 15 tahun 2015 tersebut menyebutkan kursi senator diisi dengan cara perwakilan, dengan rincian 2 orang dari Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) dan 1 orang perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang telah diverifikasi.

Namun, dari 40 UKM hanya ada satu UKM yang mendaftar yakni UKM Menembak. Tidak lolosnya verifikasi berkas ini dikarenakan kurangnya fotokopi KTM anggota aktif dan terdapat beberapa fotokopi KTM yang sama. Sehingga sejauh ini pengisi kursi calon senator tidak ada yang berasal dari perwakilan UKM. Padahal, masing-masing UKM dapat menempati kursi senator setelah dinyatakan lolos verifikasi oleh Panlih.

Saat dinyatakan tidak lolos verifikasi berkas (19/11), UKM Menembak sempat melakukan lobbying dengan Panlih. Mereka. mempertanyakan hak UKM untuk menduduki kursi senator. Namun Panlih merespon bahwa Panlih hanya menjalankan peraturan.

“Panlih hanya melaksanakan peraturan. Kalau ada pihak yang tidak puas dengan hasil verifikasi, silakan hubungi panwas,” Ujar wakil ketua panlih, Tito Rizky. (Astrid/Manunggal)