Salah Tafsir, Senat Ubah Syarat 1000 Jadi 300 KTM

1447904627378

ManunggalCybernews–Peraturan Senat Mahasiswa (SM) merupakan elemen penting dalam berjalannya pemilihan umum raya (pemira) karena peraturan ini menjadi dasar pertimbangan dalam perumusan peraturan dan petunjuk teknis oleh panitia pemilihan (panlih). Salah satu peraturan mengenai pemira yang dibuat SM adalah Peraturan Senat Mahasiswa Undip No. 27/SK/SM Undip/IX/2015. Dalam peraturan ini, disebutkan bahwa calon ketua dan wakil ketua yang mendaftar harus mendapatkan dukungan dari sekurang-kurangnya 1000 mahasiswa yang dibuktikan dengan tanda tangan dan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang tersebar sekurang-kurangnya di enam fakultas, dengan masing-masing fakultas minimal 100 orang.

Namun, tidak lama kemudian, SM mengeluarkan Peraturan Senat Mahasiswa Undip No.32, yang isinya menyebutkan bahwa calon ketua dan wakil ketua BEM harus mendapatkan dukungan dari sekurang-kurangnya 300 mahasiswa. Ketentuan ini sama dengan jumlah minimal yang disebutkan dalam Peraturan Rektor No. 4/2014 tentang Organisasi Kemahasiswaan Bab IV pasal 9.

“Ada salah tafsir di mana kami menganggap bahwa angka 300 di Peraturan Rektor itu adalah jumlah minimal. Namun, Pembantu Rektor (PR) III meminta agar angka 300 iu tidak diubah,” jelas Sulistyo Nugroho, Ketua Komisi IV SM Universitas.

Perubahan ini dimaksudkan untuk mempermudah calon pendaftar. Meskipun begitu, Sulistyo mengaku bahwa jumlah dukungan 300 itu kurang mewakili mahasiswa. Jumlah ideal yang diinginkan SM Universitas adalah 600 dukungan mahasiswa yang dibuktikan dengan fotokopi KTM.

“Tapi kita tetap mengikuti aturan dari PR III karena segala sesuatu mengenai organisasi mahasiswa Undip memang dipertimbangkan oleh beliau,” kata Sulistyo.

Lebih lanjut, Sulistyo mengungkapkan bahwa sistem 300 KTM tetap harus dijalankan pada periode ini. Apalagi, sistem ini masuk dalam Peraturan Rektor No. 4 yang belum lama berlaku. Dari sistem ini, evaluasi akan didapatkan. Evaluasi inilah yang menjadi pertimbangan apakah akan ada perubahan atau tidak pada tahun depan.

Sejauh ini, perubahan syarat minimal dukungan untuk calon Ketua dan Wakil Ketua BEM mendapat respon positif. Hingga hari terakhir pendaftaran, sekretariat panlih didatangi 5 bakal calon pasangan yang mendaftar. (Ayu/Manunggal)