Saintif.com, Media Sains Populer Anti Hoax

Dokumentasi Istimewa.

“Menjawab dengan ilmu pengetahuan” itulah slogan Saintif. Apa itu Saintif?

Berdasarkan data dari eMarketer, hingga tahun 2018 setidaknya 123 juta penduduk Indonesia mengakses internet dan media online. Namun, konten yang diakses masyarakat rata-rata adalah konten yang tidak kredibel dan bahkan kabar bohong. Kominfo mengatakan pada tahun 2017 terdapat 800.000 situs internet penyebar hoax di Indonesia. Informasi hoax ini meliputi berbagai topik dari politik, ekonomi, hingga sains atau ilmu pengetahuan.

Isu yang populer di dunia maya Indonesia didominasi oleh berita politik, gosip selebritis, dan kriminal. Isu tentang sains dan edukasi sangat sedikit jumlahnya di internet. Kalaupun ada cenderung kurang berkualitas dan mengandung miskonsepsi. Isu sains yang sempat viral, yaitu tentang teori konspirasi bumi datar, vaksinasi, dan telur palsu.

Karena kurangnya sumber informasi yang kredibel, banyak masyarakat yang termakan isu hoax dan konspirasi ini. Ditambah dengan hasil riset dari PISA 2015 yang menunjukkan kemampuan siswa Indonesia dalam memahami isu sains berada pada peringkat 65 di dunia, atau dua dari bawah negara-negara Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Jelas sekali mayoritas masyarakat Indonesia sangat tertinggal dalam penguasaan ilmu sains. Ketidakpahaman akan sains dapat berdampak buruk pada pengembangan teknologi yang menyebabkan Indonesia dapat terus terbelakang.

Berawal dari kegelisahan tersebut, tiga mahasiswa Undip, yaitu Fajrul Falah (Fisika/2015), Diah Ayu Suci Kinasih (Fisika/2015), dan Ainur Ridho (Fisika/2016) merasa terpanggil untuk dapat memberi pemahaman sains pada masyarakat luas. Mereka kemudian membuat tim PKM Kewirausahaan yang dinamai Saintif. Berbekal hobi menulis dan ilmu sains alam yang ditekuninya, mereka membuat media online berbasis website edukasi sains.

Saintif.com adalah website edukasi sains atau blog yang memberikan informasi dengan sudut pandang sains. Mereka menargetkan untuk bisa menyebarluaskan topik sains untuk seluruh kalangan, utamanya orang awam yang haus ilmu pengetahuan. Konten yang termuat di website ini adalah artikel sains populer yang disampaikan dengan gaya bahasa ringan, menarik, dan mudah dipahami. Konten dalam website terbagi dalam tiga kategori, yaitu peristiwa, kiat, dan tanya.

Topik sains yang dibahas umumnya yang lekat dengan kehidupan sehari-hari seperti persoalan energi listrik di rumah, topik pertanyaan ringan seperti mengapa laut berwarna biru, hingga topik yang sedang viral seperti isu bumi datar dan vaksinasi. Saintif juga hadir di platform sosial media, yaitu di Facebook, Instagram, dan Line.

Tidak tanggung-tanggung, Tim Saintif sudah menerbitkan sebuah buku sains populer yang berjudul “Meluruskan Miskonsepsi Bumi Datar”. Buku ini ditulis sebagai reaksi dari maraknya teori konspirasi bumi datar. Saat ini buku ini hanya dijual online melalui Saintif store di Tokopedia dan dijual terbatas di lingkungan kampus. Saintif store juga menjual produk lain berupa kaos t-shirt dan notebook bertema sains.

Perjuangan mereka tidak terbatas pada PKM atau berhenti sampai di sini saja. Mereka terus berupaya untuk mengembangkan dan memperbaiki Saintif.com agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lebih luas lagi. Mereka juga sedang mempersiapkan untuk menerbitkan buku kedua yang berjudul “Dari Gawai Hingga Ujung Alam Semesta”.

Dengan berdirinya Saintif.com, mereka berharap kekosongan informasi dan berita sains di masyarakat Indonesia dapat terpenuhi, dan membuat masyarakat tertarik pada sains ilmu alam. Bahkan mereka bertekad agar Saintif dapat menjadi tempat untuk berkarya menulis bagi pegiat literasi dan sains populer di Indonesia lewat program Saintif Community.

Oleh:

Ainur Ridho

Mahasiwa Jurusan Fisika

Fakultas Sains dan Matematika