Resmi, Undip Putuskan Gelar Wisuda Daring

Ilustrasi wisuda Universitas Diponegoro (Sumber: undip.ac.id)

Warta Utama— Universitas Diponegoro mengeluarkan kebijakan terbaru untuk seluruh wisudawan periode bulan April 2020. Dalam Surat Edaran Rektor Nomor 3002/UN7.P/TU/2020 tertanggal 29 Mei 2020 menyatakan bahwa pelaksanaan wisuda periode April 2020 dilakukan secara daring. Pelaksanaan wisuda secara daring diputuskan mengingat pandemi Covid-19 yang masih mewabah di tanah air.

Wisuda daring dilaksanakan selama tiga hari melalui aplikasi Microsoft Teams yakni tanggal 16-18 Juni 2020 dalam tujuh tahap. Total wisudawan periode ini terdapat 1.548 orang, dengan rincian 365 program pascasarjana, 191 program profesi, 928 program sarjana, dan 64 program diploma. Wisuda pada kali ini memang berbeda daripada sebelumnya karena dilaksanakan secara daring, namun demikian ini merupakan upaya untuk menjaga keselamatan bersama.

“Sungguh sangat disayangkan wisuda tidak dilaksanakan seperti biasanya, karena ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh saya dan orang tua tentunya. Tapi karena kondisi yang tidak bisa dipaksakan jadi ya sabar saja,” tutur salah seorang calon wisudawan Arum Tri Listyawati, Teknik Lingkungan Undip 2016.

Dalam pelaksanaanya pun pihak Universitas Diponegoro juga akan memberikan bantuan operasional. Terkait hal tersebut peserta wisuda dapat lebih dulu mendaftarkan diri hingga 10 Juni 2020 pada laman SSO Undip. Bantuan operasional tersebut diberikan berupa uang tunai sebesar Rp100.000 kepada setiap wisudawan dan diharapkan dapat membantu mereka selama persiapan pelaksanaan.

“Subsidi wisuda sudah cukup menurut saya, akan tetapi sangat disayangkan karena penghargaan slempang cumlaude tidak bisa didapatkan oleh mahasiswa yang seharusnya diperoleh dari universitas, mungkin bukan hal terlalu urgent tapi saya berharap itu bisa diurus nantinya agar dikirimkan ke alamat masing-masing mahasiswa bila kondisi belum membaik,” tambah Arum.

Penulis: Nabilah Lathifah

Editor: Winda N, Alfiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *