Rektor Undip Terpilih Sampaikan Pidato Pertamanya

PIDATO REKTOR

Prof. Yos Johan membacakan pidato pertamanya di hadapan para mahasiswa, di depan Gedung Soedarto, Kamis (2/4). (Nina/Manunggal)

ManunggalCybernews—Berdasarkan hasil pemungutan suara pada Rapat Senat Tertutup di Gedung Soedarto, Kamis (2/4), kandidat rektor nomor tiga, Prof. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum dari Fakultas Hukum, terpilih sebagai Rektor Undip 2015-2019 dengan perolehan suara sebanyak 103 suara.

Prof. Yos mengungguli dua kandidat lain, yaitu Prof. Dr. Ir. Slamet Budi Prayitno, M.Sc dari FPIK dengan perolehan 61 suara dan Prof. Dr. Mukh. Arifin dari FPP memperoleh 35 suara.

Usai pemilihan, Prof. Yos berpidato di hadapan mahasiswa yang melakukan Aksi Harapan bertema Sambut Ayah Baru di depan Gedung Soedarto.

“Hari ini kita bersama-sama mengikuti pemilihan rektor. Saya terpilih tentu adalah dukungan bersama-sama, tidak ada pemenang di sini, karena semuanya mempunyai tujuan yang baik, tapi saya mendapatkan amanah, amanah Undip, amanah Allah SWT untuk membawa Undip pada sesuatu yang lebih baik,” ujar Prof. Yos.

Guru besar Oseanografi Prof. Sahala, mengungkapkan bahwa pemilihan rektor dalam rapat tersebut sudah berjalan baik, lancar, dan demokratis.

“Karena Undip dalam proses menjadi PTN-BH dan rektor terpilih ber-background hukum, maka diharapkan peraturan-peraturan yang menunjang kelancaran Undip menjadi PTN-BH dapat teratasi, sehingga tidak ada kendala yang menghambatnya,” kata Prof. Sahala.

Prof. Yos akan menggantikan Prof. M. Nasir yang telah diangkat menjadi Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Diti) sejak diumumkan pada Oktober 2014. (Nissa/Manunggal)