Rektor: SPI Golongan 1 atau 2, Pilih Sendiri

(Ilustrasi: Adi/Manunggal)

(Ilustrasi: Adi/Manunggal)

ManunggalCybernews— Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) telah resmi ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor Undip No. 405 Tahun 2016. Dalam surat keputusan tersebut, tercantum keterangan bahwa SPI mahasiswa yang masuk melalui jalur Ujian Mandiri (UM) terdiri dari dua golongan. Adanya penggolongan SPI ini menimbulkan pertanyaan terkait mekanisme penetapannya.

Melalui wawancara singkat via WhatsApp pada Jumat (6/5), Prof Yos menjelaskan penetapan seorang mahasiswa mendapatkan SPI golongan 1 atau golongan 2 ditetapkan sendiri oleh calon mahasiswa dan orang tua mahasiswa tersebut. “Belum tentu pilih SPI tertinggi atau terendah. Semua tergantung kemampuan mereka karena mereka yang pilih sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof Yos menyatakan penilaian mahasiswa yang masuk melalui jalur UM tidak didasarkan pada jumlah SPI yang dipilih oleh calon mahasiswa, melainkan murni berdasarkan nilai tes yang diperoleh. Sistem yang sama pernah dilakukan oleh Undip pada tahun 2007.

“Walaupun SPI dipilih yang paling rendah, (mahasiswa) tetap diterima, meskipun ada yang lebih tinggi nilai SPI-nya. Artinya, perankingan dilakukan berdasarkan pada nilai tes saja,” ujar Prof Yos. (Ayu/Manunggal)