Rektor: Sesuai Kesepakatan UM Hanya 25%

(Ilustrasi: Adi/Manunggal)

(Ilustrasi: Adi/Manunggal)

ManunggalCybernews—Penetapan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPI) telah disahkan melalui SK Rektor No. 405/UN7.P/HK/2016.  Edaran SK Rektor yang dipublikasikan melalui web resmi um.undip.ac.id  menjadi perbincangan hangat dikalangan mahasiswa. Melalui official accountnya, BEM Undip turut mengungkapkan kejanggalan yang terjadi seperti diberlakukannya SPI pada mahasiswa baru DIII serta kuota UM sebesar 30%.

“Jalur DIII yang dikenakan SPI hanya untuk yang melalui jalur UM saja yakni 30%, sedangkan yang lewat jalur undangan maksimal 70% tidak dikenakan SPI,” tulis Rektor Undip, Pros Yos Johan Utama ketika diminta keterangan melalui Whats App, Jumat (6/5).

Sementara untuk besaran kuota mahasiswa baru, Rektor menjelaskan akan diterima SNMPTN sebesar 40%, SBMPTN 35%  dan UM 25%.

“Betul, tadi saya sudah minta LP2MP untuk menjelaskan karena sesuai kesepakatan UM hanya 25%. 20% via ujian tulis nasional di 21 kota dan 2,5% via lajur bibit unggul dan 2,5% via jalur kerja sama instansional,” jelasnya. (Astrid/Manunggal)