Rektor: Mahasiswa Lolos PIMNAS, Berhak Tidak Harus Buat Skripsi

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama memberikan sambutan dalam acara pelepasan tim PKM yang akan mewakili Undip di ajang PIMNAS, Jumat (5/8). (Ayu/Manunggal)

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama memberikan sambutan dalam acara pelepasan tim PKM yang akan mewakili Undip di ajang PIMNAS, Jumat (5/8). (Ayu/Manunggal)

ManunggalCybernews—Melalui sambutan acara pelepasan tim PKM Undip yang akan bertanding dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB) 8—11 Agustus mendatang, Prof. Yos Johan Utama, Rektor Undip menyatakan bahwa para mahasiswa yang lolos PIMNAS berhak untuk tidak membuat skripsi.

“Menang atau kalah, yang sudah PIMNAS ini, saya apresiasi. Anda berhak tidak harus membuat skripsi,” ujar Prof Yos.

Prof Yos menambahkan, para mahasiswa yang lolos PIMNAS sebenarnya telah melakukan hal-hal yang dilakukan dalam pembuatan skripsi. “Mencari fakta, menganalisis, menemukan masalahnya, dan mencari penyelesaiannya, itu adalah tindakan yang ada dalam skripsi. Kalau soal nilai ya sudah pasti A,”papar Prof Yos.

Terkait pernyataan Prof Yos tersebut, Keti Yuliani, salah satu mahasiswa yang akan mewakili Undip di ajang PIMNAS memberikan tanggapan. “Saya merinding. Kebetulan saya juga lagi mau mengambil TR 1. Kalau di saya kan, di jurusan Kimia FSM, itu ibaratnya kayak awal mula skripsi. Kalau misalkan sudah nggak ada skripsi kan jadi lega banget,” ujar Keti.

Acara pelepasan tim PKM Undip diadakan di Quality Hall Widya Puraya pada Jumat (5/8). Acara tersebut dihadiri oleh 23 tim PKM yang menjadi wakil Undip di ajang PIMNAS. Tim PKM tersebut terdiri dari 8 PKM Penelitian Eksakta, 1 PKM Sosio Humaniora, 3 PKM Karsa Cipta, 1 PKM Penerapan Teknologi, 4 PKM Pengabdian Masyarakat, 5 PKM Kewirausahaan, dan 1 PKM Gagasan Tertulis.Rencananya, tim PKM Undip akan berangkat pada Minggu (7/8). (Astrid, Ayu/Manunggal)