Rapat Senat Tertutup Tetapkan Tiga Calon Rektor

IMG_3926

Anggota BEM Undip berfoto bersama lima Bakal Calon Rektor Undip, usai Rapat Senat Terbuka, Selasa (17/3), di Gedung Prof. Sudarto. SH. (Irzal/Manunggal)

 

ManunggalCybernews – Tiga Calon Rektor Undip telah ditetapkan dalam Rapat Senat Tertutup yang berlangsung di Gedung Prof. Soedarto SH, Selasa (17/3) lalu.

Dari lima bakal calon rektor yang ada, tiga di antaranya dinyatakan lolos menjadi calon rektor dalam Rapat Senat Tertutup. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. S. Budi Prayitno dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof. Dr. Ir. Mukh. Arifin, M.Sc dari Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) dan Prof. Dr. H. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum dari Fakultas Hukum (FH).

Dua bakal calon rektor lain yang dianggap gugur adalah Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Dr. Muhammad Nur, DEA dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM).

Sebelum dilangsungkan Rapat Senat Tertutup, mereka memaparkan visi misi dan program kerja dalam Rapat Senat Terbuka yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen, karyawan, alumni, dan tamu undangan. Adapun acara tersebut dimoderatori oleh Rektor Universitas Negeri Surakarta (UNS) Prof. Dr. H. Ravik Karsidi, M.S.

Pada kesempatan itu, BEM Undip mengajukan draft yang ditujukan kepada para Bakal Calon Rektor sebagai wujud komitmen yang telah disepakati sebelumnya dalam audiensi tertutup.

Berikut adalah hasil pemungutan suara dalam Rapat Senat Tertutup yang dilakukan oleh Senat Universitas.

Dari total suara yang ada, Prof. Budi memperoleh 37 suara, Prof. Arifin 32 suara, dan Prof. Yos 27 suara. Sedangkan Prof. Ocky dan Dr. Nur masing-masing memperoleh 11 suara. Dalam pemungutan suara tersebut, terdapat satu surat suara yang rusak.

“Nantinya ketiga nama calon rektor itu akan diajukan kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) dan dipilih oleh Senat Undip bersama kementerian tersebut dalam pemilihan rektor pada tanggal 2 April mendatang,” ujar Prof. Sunarso selaku Ketua Panitia Pemilihan Rektor Undip periode 2015-2019. (Windi/Manunggal)