Rapat, Pilih di Kampus atau di Luar?

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

Mahasiswa tidak terlepas dari kegiatan organisasi maupun komunitas. Tidak dipungkiri, aktivitas rapat adalah hal mutlak bagi mahasiswa organisatoris. Dalam pertemuan tersebut, selain merumuskan keputusan hasil rapat, anggota rapat pasti mengharapkan efisiensi waktu dan kondisi.

Kelancaran rapat juga bergantung pada tempat rapat. Situasi tempat yang mendukung dapat meningkatkan daya fokus para peserta rapat. Sebaliknya, apabila tempatnya tidak sesuai, maka konsentrasi peserta dapat buyar. Mahasiswa memiliki dua pilihan, yakni rapat di dalam kampus atau di luar kampus. Lalu, tempat manakah yang kamu pilih?

Lingkungan Kampus

Undip memiliki Student Centre (SC) sebagai pusat kegiatan mahasiswa. SC terdiri 40 ruang bagi UKM. Selain menjadi tempat rapat, SC juga digunakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk berlatih paduan suara, silat, rebana, musik, dan UKM lainnya. Tidak hanya itu, SC terbuka untuk seluruh mahasiswa Undip. Seringkali mereka menggunakan SC untuk sekedar bertemu sejawat atau mengerjakan tugas kelompok.

Bagi mahasiswa yang senang berada di lingkungan kampus, SC merupakan tempat yang tepat untuk rapat. Bagaimana tidak? Letak SC strategis sehingga mudah dijangkau. Hal ini tentu sangat menguntungkan mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan. Jangan khawatir dengan ruang UKM yang kecil karena SC menyediakan pendopo depan dan belakang yang relatif luas. Lalu, hal yang paling penting adalah rapat di SC tidak memakan biaya.

Kendati demikian, bertetangga dengan UKM lain terkadang menjadi hal yang mengganggu konsentrasi rapat. Empat puluh ruang bermacam-macam UKM membuat kita harus menjaga toleransi antarmahasiswa meski berbagai bentuk kegiatan dijalankan bersamaan.  Belum lagi, permasalahan minimnya lahan parkir, akan mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan di waktu-waktu tertentu. Selain itu, kegiatan di SC juga dibatasi oleh peraturan jam malam kampus, yakni hingga pukul 9 malam.

Pages 1 2