RACANA Universitas Diponegoro

Sejarah Berdiri

Diawali dengan keinginan untuk memiliki unit kegiatan mahasiswa yang berkiprah dalam bidang kepramukaan, maka Kresno Wiyono, Saptorini dan Agus Widiyanto ditunjuk oleh PR III Undip saat itu, Dr. Herry Soepardjo untuk mewakili Undip dalam kegiatan Penataran Pramuka Mahasiswa pada tanggak 5 – 11 Januari 1978 di Bandung yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti bekerja sama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Usulan pastisipasi ini berasal dari anggota Dewan Kerja Daerah (DKD) Jateng, yakni Roso Setiono dan Atang Tarumaningprang.

Kemudian berlanjut dengan pertemuan perdana internal Undip yang bertempat di Biro Rektor Lama yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa yang sepakat untuk mengibarkan panji Gerakan Pramuka di Universitas Diponegoro.

Kemudian muncul nama-nama seperti ; Kresno Wiyono, Agus Purwadi, MB Setio Bintoro dan Suryantoro (Fakultas Teknik), Slamet Budi Prayitno (Fakultas Peternakan), Sigit Joko Sutomo (FISIP), Suradi (FH), dan Edy Yusuf AG (FE).

Sementara di kalangan putrid ada Saptorini (FT), Frontea Swastawati (Fapet), Susiloningrum (FK), dan Endang (FE). Dari kalangan Universitas dukungan datang dari Kak Tien Soepeno, S.H., Kak Drs. Madyono Joedoadhinoto, S.H., serta Kak R. Tjutjuk Soetjipto.

Pengiriman kontingen yang pertama adalah mengikuti Raimuna Nasional III tahun 1978 di Karang Kates, Malang. Meskipun masih berstatus gudep persiapan, akan tetapi Racana Diponegoro mulai diketahui dan diakui keberadaannya oleh pihak kwartir maupun perguruan tinggi lainnya.

Tanggal yang bersejarah bagi Racana Diponegoro adalah 1 Oktober 1978 yang mana pada saat itu dilantik Mabigus 01.045-01.046 (sekarang 11.045-11.046) dengan Kamabigus Rektor Undip Prof. Soedarto (Alm.). Sementara tanggal 28 Oktober 1978 secara resmi dilantik Dewan Racana Diponegoro yang pertama dengan Ketua Putra Kak Slamet Budi Prayitno dan Ketua Putri Kak Susiloningrum.

Kegiatan UKM

KEGIATAN RUTIN

1. DIKLATSAR

Diklatsar adalah kegiatan penerimaan anggota baru sebagai bekal pengenalan dan pembekalan bagi anggota Racana Diponegoro yang akan dilantik.

2. LPK Racana Diponegoro

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi bekal kepemimpinan dan pengetahan keterampilan berorganisasi untuk setiap anggota, serta merupakan salah satu syarat untuk mencapai jenjang keanggotaan berikutnya.

3. GELAR UNGGULAN (Pekan Bakti Pramuka Penegak)

Merupakan kegiatan unggulan racana diponegoro yang dilaksanakan untuk menumbuhkan inovasi dan kreatifitas anggota Racana Diponegoro. Kegiatan ini yaitu merupakan pekan baktinya racana diponegoro kepada masyarakat dan lingkungan dengan mengajak anggota Pramuka Penegak yang berpangkalan digugus depannya untuk ikut serta membangun masyarakat.

4. HUT RACANA DIPONEGORO

Kegiatan ini merupakan peringatan hari berdirinya Racana Diponegoro, dengan rangkaian acara seperti bakti sosial kepada sesama yang lebih membutuhkan. Kegiatan ini juga sebagai ajang refleksi diri anggota selama berkiprah dalam berorganisasi, kegiatan ini diisi dengan ajang kreatifitas dan penyaluran bakat seni dari anggota racana diponegoro, selain itu juga menumbuhkan dan mempererat tali persaudaraan antara anggota, purnacisya (alumni racana diponegoro) dan Pembina Racana Diponegoro.

5. MUSYAWARAH PANDEGA RACANA DIPONEGORO

Kegiatan ini merupakan musyawarah/forum tertinggi anggota Racana Diponegoro guna menentukan arah dan tujuan selama satu periode ke depan.

KEGIATAN NON RUTIN

Gladian Keterampilan Khusus (GLADILANSUS), Pelatihaan keterampilan seperti Mountenering-Rapling dan Abseilling, SAR (air dan darat), Survival, Pertolongan Pertama dan Invitasi, Penanggulangan dan Penanganan bencana, Navigasi, Outbound, Pelatihan TI, Pelatihan Kewirausahaan, Bina Diri-Masyarakat_Lingkungan, Ekspedisi, Gerakan Masyarakat dan Lingkungan dan masih banyak yang lainnya.

Kegiatan Rekreatif seperti Camping, Mendaki Gunung, Susur Pantai – Sungai – Hutan – Kota, Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Iptek company visit dll

KEGIATAN INSIDENTAL

Yaitu kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu, kegiatan ini juga merupakan kegiatan partisipatif dan kooperatif. Sangat banyak kegiatan insidental yang ada di Racana Diponegoro diantaranya :

Kepanitiaan PMB

Prosesi wisuda

Pengukuhan Guru Besar

Diesnatalis UNDIP

Pengiriman delegasi ke ajang regional, nasional hingga internasional seperti: Latihan Gabungan

Perguruan Tinggi Se-Jawa dan Se-Indonesia, Raimuna, Kelompok Sebaya Anti Narkoba, Latihan Integrasi

Taruna Dewasa(LATSITARDA), Pelayaran Kebangsaan, Latihan SAR Nasional, Latihan SAR BASARNAS,

Kemah Bakti Racana Nasional, Racana Orientering Game se-Jawa Bali, Internatianal Work Camp (IIWC)

Berbagai Ekspedisi dan Penjelajahan

Gerakan Konversasi

Pengiriman Bantuan Penanganan Bencana dll

 

Prestasi

Tuan Rumah LATSARNAS tahun 2014
Juara 2 permainan tradisional Univet.
Juara 2 Futsal Putri dan Supporter Futsal Terbaik (UNNES)
Peserta Latihan Gabungan 4 PERTI (UGM, ITS, UNAIR, UNDIP)
Peserta Latihan Gabungan Nasional (UNAIR)
Peserta Kemah Bakti Racana Nasional (UNMUL)
Peserta LATSARNAS (UNILA)
Peserta Racana Orientering Game (UNY)

Kontak

FB : Racana Diponegoro Pramuka Undip

WEB : racana.undip.ac.id