PTN-BH Pengaruhi Kenaikan UKT dan Penarikan SPI

Menyandang status PTN-BH, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) menjadi salah satu bisnis yang dioptimalkan oleh Undip, Jumat (11/3) di Undip, Tembalang.

Menyandang status PTN-BH, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) menjadi salah satu bisnis yang dioptimalkan oleh Undip, Jumat (11/3) di Undip, Tembalang.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) Undip tahun 2016 direncanakan mengalami kenaikan. Kenaikan UKT tersebut disebabkan dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) dari pemerintah yang turun secara signifikan.

Rencana kenaikan UKT tersebut dibenarkan oleh Pembantu Rektor II Darsono. Darsono mengatakan bahwa Undip tidak bisa hanya mengandalkan dana pemerintah untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat. “Turunnya signifikan, oleh untuk itu harus ada upaya lebih bukan hanya di UKT,” ujarnya.

Menyandang status sebagai PTN-BH, Undip membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk berbenah diri. Darsono menegaskan bahwa usaha untuk menambah pendapatan tidak hanya  dengan kenaikan UKT. “Tetapi juga melalui kerja sama dengan pihak luar dan mengoptimalkan bisnis yang dimiliki Undip seperti  SPBU, Rusunawa, RSND, serta bentuk usaha lain,” tambah Darsono.

Kenaikan UKT tersebut hanya berlaku untuk golongan tujuh dan mahasiswa yang masuk melalui jalur UM (Ujian Mandiri). Sedangkan untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN tidak akan terkena dampak kenaikan UKT. “Mahasiswa yang masuk melalui jalur UM akan langsung masuk golongan 7,” ujar Darsono saat ditemui tim Joglo Pos di ruangannya pada (1/3).

Pages 1 2