Program Pengabdian Masyarakat Akan dibenahi Kedua Calon

fkm

Suasana kampanye kedua pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip di FKM, Senin (7/12). (Kalista/Manunggal)

ManunggalCybernews—Agenda kampanye kedua pasang calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2016, berlanjut di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Senin (7/12). Kampanye kali ini menyinggung tentang pembenahan program pengabdian masyarakat di desa binaan Undip dan keberlanjutan Undip Go Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Perihal pemberdayaan desa binaan Undip, pasangan calon nomor urut satu Hafiz Darus – Eko Siswanto menganggap selama ini dukungan dari pihak rektorat belum maksimal. Namun di sisi lain, Program Kegiatan Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang banyak dipilih mahasiswa, menunjukan tingginya antuasiasme mahasiswa untuk mengabdi ke masyarakat. “Kalau bicara keseluruhan, sudah berhasil dari PKM-M. Mahasiswa sudah banyak tertarik. PR (pekerjaan rumah, red) untuk BEM Undip adalah mengelola yang belum dikelola,” kata Eko.

Menanggapi hal serupa, pasangan calon nomor urut dua Fawaz Syaifullah – Luthfi Rahman menyatakan fokus mengenai pemberdayaan desa binaan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu, perlu dikaji lebih lanjut mengenai kebutuhan masyarakat di desa binaan terkait, sehingga dapat ditentukan program kerja yang sesuai. “Padahal kalau ke desa, setiap desa punya kearifan lokal masing-masing sehingga juga perlu berpikir kebutuhan yang seperti apa,” ujar Fawaz.

Kedua pasang calon juga dihadapkan dengan pertanyaan dari salah satu peserta kampanye mengenai keberlanjutan Undip Go KTR. Hafidz menyatakan dukungannya terhadap program ini dan pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap, mulai dari Student Centre. Senada dengan Hafidz, Fawaz berharap seluruh fakultas memiliki kesadaran yang sama terhadap pentingnya program ini. (Kalista/Manunggal)