Presiden Partai Samudra Tolak Disebut Dualisme Koalisi

Dok. Istimewa


ManunggalCybernews – Beberapa menit sebelum waktu pendaftaran ditutup, Mizanul Haq dan Alfian Budi mendaftarkan diri sebagai calon ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Diponegoro. Pasangan ini diusung Partai Samudra dan Party of Evolution Students (PES) yang mulanya berkoalisi dengan tiga partai lain untuk mengusung pasangan Risky-Fandi.

Hal ini menjadikan sejumlah mahasiswa menyebut Partai Samudra dan PES melakukan dualisme koalisi. Dinar Fitra, misalnya, menganggap sikap kedua partai tersebut tidak etis secara politik karena baru mencabut berkas dari pasangan pertama setelah mengajukan pendaftaran pasangan kedua.

Ditemui di tempat terpisah, Presiden Partai Samudra, Irfan Hafizhurrahman mengatakan, pihaknya telah mencabut dukungan dari pasangan pertama pada 10 November lalu. Dia menerangkan, sebenarnya pihaknya sudah mendatangi Sekretariat Komite Pemilihan Raya (KPR) sehari sebelumnya.

“Karena saat itu KPR sedang riweuh dan memang sudah bukan jam kerja KPR, jadi berkas pencabutan kami baru diterima KPR tanggal 10. Tanggal 10 itu masih dalam masa verifikasi, memang waktunya untuk melengkapi berkas atau mencabut berkas,” ujarnya saat ditemui di Students Center, Rabu (19/11).

Lebih lanjut, Irfan menerangkan, Partai Samudra tidak melakukan dualisme koalisi dalam pemira tahun ini. Hal itu dibuktikan dengan surat pernyataan pencabutan dukungan yang diajukan Partai Samudra serta didukung berita acara dari KPR.

Irfan beralasan, Partai Samudra dan PES masih mencari bibit unggul selama mengusung Risky-Fandi. Lalu, pada masa perpanjangan pendaftaran ketua dan wakil ketua BEM KM, kedua partai sepakat untuk mengusung Mizan-Alfian.

“Ketika ada mahasiswa yang lumayan unggul, kenapa tidak diajukan. Mizan punya pengalaman sebagai Wakil Ketua Senat Fakultas Teknik dan Alfian berpengalaman sebagai salah satu anggota BEM KM. Kami merasa mereka mampu membawa perubahan yang baik untuk Undip,” katanya. (Nina, Mizan I R/Manunggal)