Penyuluhan Kesehatan Pernapasan bagi Pengrajin Meubel Desa Kerso, Jepara

(Dok.Istimewa)

Jepara merupakan kota dengan pendudukan yang sebagian besar bekerja di bidang pengrajin meubel. Namun banyak penduduk yang tak sadar akan kesehatan pernapasan ketika mereka sedang melakukan kegiatan produksi meubel ini.

Kedatangan Tim II KKN Undip unit Desa Kerso, Kecamatan Kedung, Jepara memberikan program kerja penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan pernapasan guna menciptakan keselamatan dalam bekerja disertai pembagian masker hidung dan stiker untuk mengingatkan mereka. Kegiatan penyuluhan tentang bahaya debu kayu meubel terhadap pernapasan yang diikuti dengan pembagian masker dan stiker ini mendapatkan antusias yang baik dari warga desa Kerso.

Mahasiswa KKN Undip mendatangi satu persatu rumah warga yang mempunyai usaha dibidang meubel sekaligus guna mempererat tali silaturahmi antara cicitas akademika Undip dengan masyarakat sekitar. Kegiatan ini diadakan selama satu minggu penuh. Program kerja ini dimulai sejak Senin, (06/07) dan  dimulai pukul 19.00 – 22.00 WIB, agar tidak terlalu menganggu pekerjaan dari warga itu sendiri.

Diharapkan melalui program kerja yang dilakukan ini mampu memberikan dampak yang baik dikemudian hari. Warga dapat membiasakan diri saat bekerja untuk menggunakan masker penutup mulut dan hidung serta untuk pengingat kelak mahasiswa KKN juga memberikan stiker agar ditempel di tempat kerja. Hal ini nantinya memberikan dampak terhadap kesehatan pernapasan warga desa Kerso yang bekerja sebagai pengrajin meubel agar tidak terganggu.

Maya Puspa Dewi

Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris

Fakultas Ilmu Budaya