Penebaran 22.000 Benih Ikan sebagai Inventasi Desa Tengguli

(Dok.Istimewa)

Desa Tengguli merupakan desa di dataran rendah di wilayah Kabupaten Jepara. Berdasarkan letak geografis wilayah, Desa Tengguli berada di sebelah selatan Desa Kepuk, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Desa Tengguli dapat ditempuh dengan jarak tempuh ke kecamatan sekitar lima km. Desa Tengguli berbatasan dengan Desa Bangsri dan Banjaran di sebelah utara, Desa Srikandang di sebelah timur, dan Desa Guyangan di sebelah barat. Secara administratif, wilayah Desa Tengguli terdiri dari 68 RT dan 15 RW, meliputi 21 dukuh (peta desa terlampir).

Berdasarkan Data Administrasi Pemerintahan Desa jumlah penduduk yang tercatat secara administrasi, berjumlah +11.810 jiwa. Dengan rincian penduduk berjenis kelamin laki-laki +5961 jiwa dan berjenis kelamin perempuan +5849 jiwa. Tengguli merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Daerah pertanian di Desa Tengguli masih cukup luas. Komoditas yang ada di desa ini pertanian dan peternakan.

Melihat potensi pertanian dan budidaya yang cukup luas, Tim II KKN Undip berinisiatif untuk mengembangkan budidaya air tawar yang memiliki prospek yang cukup bagus untuk pengembangan perekonomian warga. Dengan demikian Tim II KKN Undip Desa Tengguli melakukan kerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Jepara untuk membantu pembudidaya ikan air tawar agar mendapatkan bantuan benih ikan. Setelah pengajuan proposal dan syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi sehingga mendapat bantuan 22.000 benih ikan lele, 74 karung pakan (2,2 ton), dan probiotik. Kehadiran Tim II KKN Undip dan Dinas Perikanan untuk berbagi sedikit ilmu kepada para pembudidaya tentang ikan air tawar.

Namun adanya penebaran benih ini diharapkan dapat sebagai inventarisasi desa, masyarakat juga dapat berlatih budidaya yang sebenarnya sangat berpotensi di daerah tersebut, selain itu dapat meningkatkan perekonomian desa setempat. Semoga dengan adanya program ini, budidaya di Desa Tengguli semakin berkembang.

Fransisca Yenny Clarisa

Mahasisa Jurusan Sastra Ingris

Fakultas Ilmu Budaya