Pendikar dan Fenomena Mozaik

Orientasi Diponegoro Muda (ODM) merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru Undip. Seperti telah menjadi tradisi tahunan di Undip, dalam pembukaan dan penutupan ODM selalu diwarnai dengan berbagai kegiatan. Di beberapa fakultas, mozaik menjadi ciri khas yang menjadi fenomena tahunan ODM.

Pada Selasa (8/8), terlihat mahasiswa baru (maba) mengikuti serangkaian kegiatan ODM di fakultas masing-masing. Tahun ini, pengadaan kegiatan pendidikan karakter (pendikar) di beberapa fakultas menjadi satu hal yang sangat signifikan. Berbagai tema yang mengedepankan Pancasila pun turut dituangkan demi menciptakan karakter maba yang paham akan ideologi bangsa.

Seperti Fakultas Kedokteran yang mengusung tema “Harmoni FK Melukis Nusantara” yang direalisasikan dengan cara saling bersinergi antar jurusan. “Melukis Nusantara berarti kita di sini sebagai tenaga medis tidak hanya mengobati yang sakit saja tetapi kita juga membuat Indonesia semakin sehat,” ungkap Martin Livan, Ketua Panitia PMB FK 2017, saat ditemui tim Joglo Pos Xpress di FK.

Dalam penjelasannya, Martin menegaskan bahwa tema tersebut mengandung nilai-nilai Pancasila atau kebhinekaan. “Harmoni di situ kan banyak artian selain dalam arti sempit di jurusan. Dalam arti luas kita juga dapat menyatukan aspek yang ada di FK seperti budaya, agama, ras, dan sebagainya ada di FK. Dan itu kita satukan dalam harmoni,” tegasnya.

Pages 1 2