Pemira Diundur, FK Gelar Pemilihan Serempak

Suasana penyelenggaraan pemilihan raya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Fakultas Kedokteran Undip, Kamis (4/12). (Kalista/Manunggal)


ManunggalCybernews – Berbeda dengan jadwal semula, pemungutan suara pemilihan raya (pemira) di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) digelar serempak dengan pemungutan suara pemira fakultas dan jurusan, Kamis (4/12). Meski demikian, pemira berjalan lancar dan terkendali. Hal tersebut dikatakan Rizki Rudwi Pradesta, Ketua Komite Pemilihan Raya Fakultas (KPRF) Kedokteran.

“Sempat ada kendala saat KPR universitas mengubah jadwal pemira dari tanggal dua menjadi tanggal empat, di satu minggu sebelum pemira. Jadi, kita harus rombak lagi timeline kampanye dan pemira fakultas,” ujar Rudwi.

Selain itu, menurut Rudwi, mundurnya jadwal pemira tidak berpengaruh terhadap antusiasme mahasiswa FK untuk memilih. Rudwi menyebutkan, sebanyak 1.293 mahasiswa terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS FK Undip.

Untuk pelaksanaan pemira tahun depan, Rudwi berharap KPR universitas dapat melakukan perencanaan yang lebih matang sehingga perubahan jadwal pemira tidak terjadi lagi.

“Perubahan dadakan timeline (pemira, red) sangat memberatkan KPR di fakultas. Dengan waktu yang sudah diatur sedemikian rupa dan sangat padat, mengubah itu sangat sulit karena koordinasi tidak hanya ke satu jurusan, tapi banyak jurusan,” kata Rudwi. (Kalista/Manunggal)