Pemilihan Rektor Kembali Tunggu Dua Peraturan

(Dok. Istimewa)


ManunggalCybernews – Setelah diangkatnya Rektor Undip terpilih, Prof Drs M Nasir MSi PhD, sebagai Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Undip memasuki masa peralihan. Pada masa ini, Undip menunggu turunnya Peraturan Pemerintah tentang Statuta Undip sebagai Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH) dan Peraturan Menteri yang baru.

“Kita sedang menunggu, mana yang mau turun duluan,” ujar Sekretaris Senat Undip, Prof Dr Ir Sunarso MS, ketika ditemui di ruangannya, Rabu (14/1).

Meski berharap agar turun secepatnya, Prof Sunarso belum dapat memastikan sampai berapa lama harus menunggu turunnya dua peraturan tersebut. Pasalnya, dua peraturan tersebut sedang dalam pembahasan empat kementerian, yakni Kemenristek Dikti, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Saya dengar, sudah ada dua kementerian yang paraf, yakni Kemenristek Dikti dan Kemenkumham. Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi dan Kemenkeu belum paraf. Semisal sudah diparaf semua, tinggal dibawa ke presiden,” ujarnya.

Prof Sunarso menjelaskan, pemilihan rektor kembali, baru akan dilaksanakan jika peraturan tersebut sudah turun. Lebih lanjut, Prof Sunarso menceritakan, dugaannya bahwa masa jabatan rektor, Prof Sudharto P Hadi MES PhD, tidak akan diperpanjang lama ternyata salah. Prof Sunarso mengatakan, masa jabatan Prof Sudharto akan diperpanjang hingga rektor baru dilantik. (Klaudia/Manunggal)