Pemanfaatan Media Sosial Untuk Mengajak Remaja Cintai Bumi

(Dok. Istimewa)

 

ManunggalCybernews–Mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat Undip melakukan campaign dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional yang diselenggarakan pada Selasa (25/4) di SMK Negeri 11 Semarang.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yaitu Nurul Wakkhid, alumni program studi Hubungan Masyarakat dan wartawan di salah satu perusahaan media cetak di Semarang, dan perwakilan dari Kelompok Studi Lingkungan (KSL) Undip.

Campaign tersebut mengusung nama “Sahabat Bumi”. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mengajak masyarakat terutama anak-anak usia remaja agar tidak membuang sampah sembarangan serta hemat dalam menggunakan energi listrik.

“Kita bisa melakukan upaya mencintai bumi dengan menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, dan juga dengan penghematan energi listrik. Tapi kalau hanya kita yang melakukan dan diluar sana ternyata lebih banyak yang melakukan pemborosan listrik dan juga membuang sampah sembarangan percuma juga kan,” ujar Asti Indriani, ketua pelaksana.

Selain itu, tambah Asti, campaign juga dapat memanfaatkan teknologi dan media sosial. “Saat ini kan lagi booming yang namanya vloger, maka dari itu kita mengajak anak-anak usia remaja ini untuk mengajak orang-orang di luar sana untuk mencintai bumi kita dengan sebuah video pendek berdurasi maksimal satu menit. Karena dengan video dan memanfaatkan media sosial itu dinilai lebih efektif untuk menggerakkan hati masyarakat,” ujarnya.

Putri Wulandari

D3 Hubungan Masyarakat 2015

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik