• Home »
  • BERITA UTAMA »
  • “Pelindo 3 Youth Camp 2015” Tanamkan Kepercayaan Pemuda Pada Sektor Kelautan dan Pelabuhan

“Pelindo 3 Youth Camp 2015” Tanamkan Kepercayaan Pemuda Pada Sektor Kelautan dan Pelabuhan

Keseruan salah satu kegiatan dalam Pelindo Youth Camp. (Dok. Pribadi)

Keseruan salah satu kegiatan dalam Pelindo Youth Camp. (Dok. Pribadi)

ManunggalCybernws—Hampir dua pertiga wilayah Indonesia merupakan kawasan perairan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan mulai dari biota laut, minyak, gas, hingga pariwisata bahari. Diperkirakan, potensi kelautan Indonesia mampu mencapai US$1,2 triliun per tahun (Marketeers Magazine November Edition). Tak mengherankan rasanya. Menurut laporan The McKinsey Global Institute (MGI) bertajuk “The Archipelago Economy : Unleashing Indonesia’s Potential” disebutkan bahwa Indonesia berpotensi besar masuk dalam jajaran 10 negara terkaya bila mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi dalam dekade ini.

Dalam kajian geografis, Indonesia diapit oleh dua benua yakni Asia dan Australia. Lokasi strategis tersebut, tak mengherankan menumbuhkan potensi Indonesia sebagai poros maritim di dunia. Menyadari potensi besar tersebut, sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang operator terminal pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia III Persero atau yang kerap disebut dengan Pelindo III berinisiasi untuk mengadakan pengenalan kemaritiman dan kepelabuhan kepada mahasiswa termasuk latihan kepemimpinan dan character building didalamnya.

Mahasiswa dipilih karena perannya sebagai generasi muda yang diharapkan mampu menjadi problem solver di masa depan. Inisiasi tersebut dikemas dalam kegiatan Pelindo 3 Youth Camp 2015 yang diikuti oleh total 45 delegasi dari beragam universitas negeri dan swasta di enam provinsi seperi Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, NTT, NTB, dan Kalimantan Selatan. Acara ini diadakan dua tahunan sekali yang dimulai sejak 2011, 2013, dan sekarang 2015. Tema yang diusung oleh Pelindo 3 Youth Camp 2015 adalah Movement For A Better Future dan terlaksana dari tanggal Sabtu hingga Senin, tepatnya 12 – 14 Desember 2015.

Toto Heliyanto, Direktur SDM dan Umum Pelindo III, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini diharapkan dapat menghasilkan putra putri terbaik di daerahnya sebagai duta yang akan menyosialisasikan potensi poros maritim negara Indonesia di mata dunia. Tak hanya itu, dia berharap karakter kepemimpinan juga mampu terbangun lewat serangkaian aktivitas yang ada di Pelindo 3 Youth Camp 2015. Dalam acara ini delegasi Universitas Diponegoro diwakili oleh Muhammad Gustiasa (Ilmu Komunikasi/FISIP), Aldani Putri W (Psikologi, FPsi), Rifki Firdaus (Teknik Mesin/FT), dan Nurrina Riska (Kesehatan Masyarakat/FKM). Salah satu dari delegasi Universitas Diponegoro yakni Gustiasa berhasil memperoleh Best Of The Best Participant.

Pada hari pertama Pelindo 3 Youth Camp 2015 terdapat beberapa kegiatan seperti pembukaan yang dibuka oleh Direksi Pelindo III kemudian dilanjutkan oleh presentasi dan diskusi mengenai profil Pelindo III, Terminal Teluk Lamong, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), dan Marina yang diisi oleh masing masing direktur anak perusahaan Pelindo III. Masih di hari yang sama, mahasiswa diajak untuk mengunjungi secara langsung terminal penumpang GSN, PT TPS, JIIPE dan bagaimana beroperasi.

Keesokan harinya, kegiatan lebih difokuskan untuk mengembangkan karakter dari setiap peserta dengan kegiatan outbound dan games dengan instruktur dari Hotel Singgasana yang dapat meningkatkan motivasi, leadership, dan membangun kerja sama tim yang baik. Adapun bentuk nyata dari outbound dan games dari Pelindo 3 Youth Camp 2015 adalah membagi peserta dalam tiga tima besar kemudian mendapatkan tiga tantangan yang berbeda yakni membuat tiang bendera setinggi 5 m, penyangga tiang bendera, dan menara. Usai ketiga misi terselesaikan, seluruh peserta melakukan penghormatan kepada bendera pusaka merah putih sebagai wujud nasionalisme.

Malam terakhir di hari Minggu dihabiskan oleh acara Gala Dinner sekaligus malam pertunjukan kesenian. Para peserta berunjuk kebolehan menampilkan bakat dan talentanya di beragam bidang. Uniknya, tema rata-rata penampilan peserta menunjukkan kentalnya budaya khas daerah asli dari Indonesia seperti lagu dan tari daerah. Keesokan harinya sebagai hari terakhir acara Pelindo 3 Youth Camp 2015 para peserta diajak untuk melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai utara pulau dekat Terminal Teluk Lamong.

Muhammad Gustiasa

082245952248 / Gustiasa2308@Gmail.Com

Ilmu Komunikasi FISIP Undip