Pasca Lebaran? Yuk, Tetap Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Ini!

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

 

Setelah menjalankan ibadah puasa ramadhan selama satu bulan, terkadang kita lupa diri saat lebaran tiba. Semua makanan yang tersedia akan terlihat lezat untuk dimakan. Umumnya di hari lebaran kita akan menemukan ketupat, lontong opor, rendang, es buah, kue kering, dan minuman serba manis.

Dapat dipastikan bahwa makanan-makanan bersantan dan manis mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan kita. Jika kita tidak bisa mengontrol diri untuk menjaga asupan kalori saat lebaran, maka dapat dipastikan berat badan kita naik setelah lebaran.

Agar berat badan tetap ideal setelah lebaran, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan dan memilih apa yang kita konsumsi, melakukan banyak aktivitas, dan usahakan tubuh untuk terus bergerak sekalipun di waktu santai.

Supaya berat badan tetap ideal setelah lebaran, ada baiknya kita memperhatikan beberapa menu berikut ini agar menjaga tubuh tetap fit.

  1. Kurangi makan gorengan

Tidak dapat kita pungkiri, aneka gorengan memiliki kegurihan dan kenikmatannya sendiri. Namun gorengan mengandung banyak lemak dan kalori sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sesekali ganti cara memasak dengan merebus, mengukus, atau pepes agar makanan lebih aman dari segi kalori dan kesehatan.

  1. Perbanyak minum air putih

Minuman manis dan bersoda yang mengandung gula tinggi memang menggoda untuk dikonsumsi, namun jika kita ingin tetap menjaga tubuh agar tetap proporsional maka kita perlu menghindari minuman-minuman tersebut.  Perbanyaklah minum air putih saat dan setelah makan. Air putih dapat berkontribusi besar pada pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga tubuh kita tetap terjaga.

  1. Perbanyak konsumsi buah

Serat yang terkandung dalam buah-buahan akan membantu metabolisme tubuh tetap lancar sehingga keadaan lemak dalam tubuh tetap stabil dan menghindari kita dari penambahan berat badan

  1. Olahraga dan perbanyak aktivitas

Ini yang terkadang kita sepelekan, padahal olahraga cukup 30 menit setiap hari dapat menjaga tubuh tetap sehat. Kita tidak perlu melakukan olahraga berat. Kita dapat berjalan kaki hingga berkeringatatau sekedar membereskan rumah. Jika kita melakukannya dengan serius, membereskan rumah juga dapat membakar kalori agar tubuh selalu terjaga dan berat badan tetap ideal. (Citra/Manunggal, dari berbagai sumber)