Orenji Kembali Digelar

Penampilan peserta song cover dalam Original Event of Japan in Indonesia (Orenji) yang digelar di Kampus Fakultas Ilmu Budaya, Minggu (9/11). (Nina/Manunggal)


ManunggalCybernews – Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Bahasa Jepang Undip kembali menggelar Original Event of Japan in Indonesia (Orenji) di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Minggu (9/11).

Sebelumnya, festival ini hadir dengan tema musim gugur dan musim dingin. Kini, di tahun ketiganya, Orenji mengusung tema Koi Zakura yang memiliki arti musim semi dalam Bahasa Indonesia.

Menurut penuturan ketua panitia, Budi Etika Mardikawati, acara ini bertujuan memperkenalkan Jurusan Sastra Jepang.

“Melalui acara seperti ini, kami memperkenalkan kepada masyarakat bahwa di Undip ada Jurusan Sastra Jepang. Agar masyarakat juga tahu, festival-festival di Jepang itu seperti apa,” ujarnya.

Acara ini dimulai dengan omikoshi atau pembukaan arak-arakan, penampilan lomba dance cover dan song cover, serta penampilan bintang tamu. Selain itu, dalam festival ini, ada obake atau rumah hantu yang menampilkan berbagai jenis hantu ala Jepang. Pada malam hari, acara ditutup dengan flashmob dan hanabi atau pesta kembang api.

Salah satu pengunjung, Nuur Annisaa berharap, panitia dapat memperhatikan desain tata letak panggung untuk penyelenggaraan Orenji tahun depan.

Ya soalnya, tadi banyak yang berdesak-desakan dan banyak penonton yang berdiri sehingga kita tidak bisa melihat ke arah panggung dengan jelas,” ujar Annisaa. (Nina, Anis/Manunggal)