Nugget Ikan Lele, Inovasi Pangan Tingkatkan Nilai Gizi dan Ekonomi

Produk nugget dari ikan lele khas Desa Kebowan. (Foto: Kamilia/Tim I KKN Undip)

Citizen Journalism— Sabtu (2/1), mahasiswa KKN Tim I 2020 Undip melakukan sosialisasi inovasi pangan berupa nugget berbahan dasar ikan lele untuk meningkatkan nilai gizi dan ekonominya kepada ibu-ibu PKK di Desa Kebowan, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan edukasi dalam memanfaatkan ikan, terutama ikan lele untuk diolah menjadi makanan yang bernilai gizi lebih seperti nugget ikan. Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK desa Kebowan agar lebih peduli dengan kandungan gizi yang terdapat dalam ikan lele dan diharapkan program ini dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Pada kegiatan ini juga dipaparkan cara pemasaran produk yang baik. Selain itu juga, memberikan analisis perhitungan untung dan rugi dalam memproduksi nugget ikan lele.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari ibu-ibu PKK, hal ini telihat dari antusiasme ibu-ibu yang menanggapi pemaparan program dengan bertanya. “Kegiatan ini merupakan sarana dan prasarana yang baik untuk ibu-ibu PKK untuk mengembangkan potensi yang ada, ” tutur Titah selaku Tim Penggerak PKK.

Selain itu, antusiasme ibu-ibu yang ikut serta dalam proses pembuatan menjadi titik awal. “Semoga dengan adanya kegiatan ini akan berlanjut dan dapat berkembang kedepannya,” ucap Sugiharti, Ketua Tim Penggerak PKK. (Kamilia/Tim I KKN Undip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *