‘MU Ice Buble’, Minuman Enak Pencegah Diabetes

Setiap tahun jumlah penderita Diabetes Mellitus (DM) di Indonesia semakin meningkat. Penderita diabetes memiliki kadar gula di dalam darah tinggi, tetapi gula darah (glukosa) yang masuk ke sel sedikit. Padahal, glukosa adalah makanan utama sel sebagai sumber energi tubuh. Maka tidak heran, jika penderita DM akan semakin kurus dan mudah lelah atau lemas.

Glukosa yang banyak terdapat dalam peredaran darah dapat memicu peradangan (inflamasi). DM dapat menyebabkan penyakit ginjal, kerusakan mata, penyakit jantung, dan lain-lain. Diabetes Mellitus bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya faktor gaya hidup konsumsi makanan manis dan berkalori tinggi dalam jumlah yang berlebih. Saat ini, jajanan yang ada di masyarakat seperti jus, capucino cincau, mocca latte, cappuccino, hot chocolate, ice bubble, dan sejenisnya menjadi tren di masyarakat. Padahal jenis minuman tersebut tidak bisa dijamin sebagai minuman sehat, terutama jika ditinjau dari jenis bahan yang dipakai dan kandungan gulanya.

Menyadari kondisi tersebut, Pradita Putri Rhamadani, mahasiswi Ilmu Gizi Universitas Diponegoro berinovasi dan berkreasi untuk membuat suatu alternatif solusi minuman sehat yang memiliki kadar gula rendah dan bersifat hipoglikemik yang tetap enak dan disukai semua kalangan. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan, Pradita bersama rekan setimnya yaitu, Elsa Prisma Dianti, Ega Tiara Maulidina, Ebigail Daeli, dan Meyta Saskia menawarkan solusi minuman sehat olahan daun murbei, yaitu MU Ice Buble.  MU adalah singkatan dari murbei. Produk minuman ini adalah kombinasi buble daun murbei, susu, agar-agar, dan jahe merah.

“Berdasarkan hasil beberapa penelitian, daun murbei (Morus alba) telah terbukti memiliki efek hipoglikemik yaitu efek menurunkan kadar glukosa darah,” ungkap Pradita. Daun murbei yang biasanya hanya dibuat keripik atau teh murbei, melalui tangan mahasiswa ini disulap menjadi buble/ tapioca pearl daun murbei. Penambahan jahe pada produk ini memiliki manfaat pemberi rasa dan juga memiliki efek kesehatan yang baik bagi tubuh. Jahe mendukung efek hipoglikemik dari daun murbei. Berdasarkan hasil penelitian, jahe dapat menurunkan kadar lemak jahat pada penderita diabetes dan jahe memiliki efek yang baik untuk saluran pencernaan. Minuman ini kaya vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh semua kalangan mulai dari anak kecil sampai dewasa.


Oleh :

Elsa prisma dianti

Mahasiswa Jurusan Gizi 2013


 

Kanal Citizen Journalism ini merupakan media mahasiswa. Setiap berita/opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis.