Michael Tjandra: Jurnalis Itu Pekerjaan Mulia

(dok. istimewa)

(dok. istimewa)

ManunggalCybernews— “Jurnalis itu pekerjaan yang mulia. Kalau hanya ingin terkenal, jangan jadi jurnalis. Jadi artis saja,” papar Michael Tjandra dihadapan 200 peserta Seminar Nasional dengan tajuk “Shooting #2 Show Your Passion on Broadcasting”. Mantan pembawa berita di salah satu stasiun TV swasta itu hadir dengan materi seputar jurnalistik hingga pengalamannya di bidang penyiaran.

“Mumpung kalian masih belum berkiprah langsung di industri media, ingatlah jangan pernah batasi diri kalian untuk belajar. Karena dari pengalaman saya menghadapi generasi yang sekarang, dikritik sedikit, resign. Ditegur sedikit, resign,” ungkapnya saat ditanya mengenai hal apa yang perlu dipersiapkan menjadi pembawa berita andal. Michael menceritakan Ia memasuki dunia jurnalistik saat Ia merasa jenuh berada di zona nyaman hidupya. Michael menghabiskan awal karirnya dengan banyak bertanya kepada senior hingga belajar segala hal yang mendukung kegiatannya.

Michael juga menyinggung perihal idealisme. “Seperti yang kalian tahu, beberapa pemilik media mulai memasuki dunia politik sehingga semuanya sarat akan politis. Apakah salah? Tidak. Boleh-boleh saja. Semuanya memiliki pilihan. Namun yang penting bagi kalian adalah menjaga api idealisme. Jika kalian kehilangan itu maka besar kemungkinan passion kalian perlahan hilang,”

Acara yang bertempat di Pusat Pendidikan Profesional Kedinasan PU Kampus Undip ini digelar oleh Channel Campus pada Sabtu (24/9). Selain itu, acara ini juga menghadirkan Wakil Pemimpin Redaksi Kompas TV Yogi Arief Nugraha dan Travel Fotografer dan Videografer Deta Widyananda sebagai pembicara. (Astrid/ Manunggal)