Meriahkan Ramadhan, Insani Gelar Dialog Kebangsaan

Sesi diskusi tanya jawab pada dua pembicara dalam Dialog Kebangsaan di Masjid Kampus Universitas Diponegoro, Sabtu (12/7).(Ririn/Manunggal)


ManunggalCybernews – Lembaga Dakwah Kampus Indah Persaudaraan Islam Unversitas Diponegoro (LDK Insani Undip) berkerjasama dengan Remaja Masjid Kampus (Maskam) Undip menggelar Dialog Kebangsaan bertajuk Membangun Bangsa yang Unggul Melalui Pendidikan Moral,  Sabtu (14/7). Bertempat di Masjid Kampus, acara ini diikuti sekitar 800 peserta.

Acara yang digelar dalam rangka memeriahkan ramadhan ini menghadirkan Prof Dr Din Syamsudin MA (Ketua MUI Pusat) dan Ir KH Salahuddin Wahid (Pimpinan Ponpes Tebuireng, Jombang) sebagai pembicara serta Prof. Sudharto Prawoto Hadi MES PhD, Rektor Undip, sebagai moderator.

Dalam dialognya, kedua pembicara berpendapat, bangsa yang unggul adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang unggul pula. Menurut mereka, manusia yang unggul dapat dibentuk oleh pendidikannya. Pendidikan karakter jadi perhatian khusus dalam diskusi ini sebab dapat dijadikan sebagai wahana pembentukan bangsa yang bermoral.

“Keunggulan bangsa sumbernya berasal dari pendidikan, terutama mengenai moral, kejujuran, dan akhlak. Ini juga soal bagaimana agama dapat dibawa ke dalam kehidupan, seperti halnya menerapkan Hablum Minallah (Hubungan dengan Allah, red) dan Hablum Minannas (Hubungan dengan sesama manusia, red),” ujar Prof Dharto menyimpulkan hasil diskusi.

Wahid Hasyim, Ketua Remaja Maskam berharap, acara ini dapat membuka mata mahasiswa mengenai realita sosial yang terjadi di masyarakat dan Perguruan Tinggi bahwa moral bangsa harus dibenahi. (Ririn/Manunggal)