Merasa Penat? Mari Nikmati Keasrian Curug Nagasari

Curug Nagasari merupakan salah satu curug di Desa Wisata Tanalum. Menjelang sore, curug berketinggian 72 meter ini masih ramai dikunjungi wisatawan (9/7) (Nissa/Manunggal)

Curug Nagasari merupakan salah satu curug di Desa Wisata Tanalum. Menjelang sore, curug berketinggian 72 meter ini masih ramai dikunjungi wisatawan (9/7) (Nissa/Manunggal)

Liburan tidak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke tempat wisata. Jika bosan dengan suasana perkotaan, wisata alam dapat menjadi destinasi tepat untuk mengisi liburan. Selain mengistirahatkan pikiran dari hiruk-pikuk kehidupan kota, wisata ini memanjakan kita dengan keasrian dan keindahan alam.

Curug Nagasari merupakan salah satu curug di Desa Wisata Tanalum, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Curug berketinggian kurang lebih 72 meter ini dapat ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota. Meski jauh, pengunjung dapat menikmati pemandangan di kanan dan kiri jalan. Sawah, sungai, pepohonan dan sejuknya udara menjadi suguhan bagi pengunjung selama perjalanan menuju lokasi. Jalanan yang berkelok dan naik turun turut menguji adrenalin. Tapi, selama adanya pemandangan indah, maka hal tersebut tidak masalah, bukan?

Pengelolaan Desa Wisata Tanalum memberdayakan warga setempat dengan bimbingan dari Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Tanalum. Selain menjaga keasrian alam, pengelolaan wisata tersebut juga turut membangun perekonomian warga. “Retribusi yang dibayarkan pengunjung nantinya akan dikelola untuk membantu memenuhi kebutuhan (fasilitas umum) masyarakat setempat,” ujar Fatah salah satu pengelola Pokdarwis Desa Tanalum.

Untuk menikmati pesona wisata alam ini, pengunjung perlu membayar retribusi sebesar Rp7000 sebagai biaya parkir dan tiket masuk. Desa wisata ini mulai dibuka pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Tempat istirahat, area WLAN gratis, akses jalan menuju curug, serta hiburan merupakan fasilitias yang tersedia. Tempat sampah pun mudah ditemukan sepanjang jalan setapak dari pintu masuk desa wisata menuju curug. Hal tersebut bertujuan agar kebersihan dan keasrian alam tetap terjaga. Selain Curug Nagasari, ada pula Curug Aul, Curug Panyatan, Curug Kalikarang, dan beberapa alternatif curug lain di Desa Wisata Tanalum ini. (Nissa/Manunggal)