Menyulap Sampah di Desa Kalipucang Wetan, Batang Menjadi Pupuk Organik

(Dok.Istimewa)

Dalam Kuliah Kerja Nyata TIM II Universitas Diponegoro Desa Kalipucang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang melaksanakan kegiatan yang bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam bidang infrastruktur desa.  Diketahui permasalahan prioritas pada Desa Kalipucang Wetan adalah mengenai sampah. Desa Kalipucang Wetan telah memiliki infrastruktur pengolah sampah yaitu berupa Tempat Pengolahan Sampah 3R (TPS 3R) yang  dijalankan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mataram Sejahtera.

Dalam Pelaksanaan KKN Tematik PUPR mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan identifikasi TPS 3R yang dilakukan dengan beberapa kegiatan diantaranya adalah FGD bersama masyarakat dan pemerintah desa mengenai kondisi dan permasalahan TPS 3R kemudian dilakukan evaluasi oleh mahasiswa sesuai dengan petunjuk teknis TPS 3R PUPR.

Sebagai langkah awal dalam pengolahan sampah menjadi pupuk organik, telah dilakukan survei terhadap masalah-masalah pengelolaan sampah ini pada Jumat, (27/07), hingga ditemukan permasalahan-permasalahan utama yang selanjutnya dilakukan pembobotan. Pembobotan ini berfungsi untuk menentukan prioritas kegiatan yang akan diakukan, sehingga nantinya dapat dilakukan penanganan sesuai tingkat urgentsi masalah.

Melalui kegiatan FGD dilakukan evaluasi untuk menentukan rencana tindak penyelesaian terhadap ke 7 permasalahan yang didapatkan. Tindak penanganan permasalahan yang memiliki bobot tertinggi yaitu dalam hal pengangkutan, dalam kesempatan ini mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro membuat suatu pemetaan untuk sistem pengangkutan pelayanan TPS 3R, selain itu mahasiswa melakukan kegiatan pengolahan sampah organik hasil pengangkutan, dengan pengolahan sampah ini diolah menjadi kompos.

Diharapkan dengan dilakukannya kegiatan ini dapat lebih membantu pihak TPS 3R dalam melakukan pengangkutan sampah, dan untuk kedepannya pihak Desa dapat melaksanakan ke 6 rencana tindak penyelesaian maslaah lainnya yang telah diajukan oleh peserta KKN TIM II Universitas Diponegoro untuk keberlangsungan kegiatan TPS 3R kedepannya.

Rahma Wati Dwi Lestari

Mahasiswi Tim II KKN Undip

Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran