Menjadi Viral Lewat Video

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

Penggunaan teknologi yang menyenangkan serta seru membuat para penggunanya tak henti untuk memunculkan ide-ide baru. Bahkan tak jarang dari mereka yang menjadikan aktivitas tersebut sebagai hobi. Uniknya, apabila salah satu pengguna telah memunculkan ide-ide barunya lalu mempublikasikannya ke sosial media, maka hal  yang dianggap menarik itu pun akan diikuti oleh pengguna lainnya hingga menjadi trending di dunia sosial media. Salah satu contoh aktivitas yang tengah booming di kalangan pengguna sosial media saat ini adalah vlog.

Pengertian vlog

Vlog sendiri merupakan singkatan dari Video Blogging. Namun vlog tidak sama dengan blog. Blog merupakan aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang diunggah ke dalam halaman web. Sementara vlog adalah istilah lain dari televisi web yang isinya menggabungkan video atau link video yang didukung dengan teks, gambar, dan data lainnya yang kemudian dibagikan melalui akun sosial  media. Bagi para YouTubers,  vlog merupakan salah satu aktivitas rutin mereka saat ini. Biasanya mereka merekam aktivitas mereka. Seperti merayakan hari spesial, peristiwa unik, hobi, dan lain-lain.

Durasi vlog bervariasi, yakni antara 4-7 menit bahkan hingga 15 menit. Memang bukan hal yang mudah untuk memulainya, namun juga bukan merupakan hal yang sangat sulit. Sederhananya vlog atau yang lebih sering dikatakan nge-vlog ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti kamera ponsel, kamera digital, hingga kamera SLR maupun DSLR. Selanjutnya, yang menjadi bagian vital adalah kita perlu mengandalkan kecakapan berbicara agar vlog menjadi seru dan menarik minat orang-orang untuk menontonnya.

Namun, sebelum itu kita sudah harus menentukan topik. Agar vlog yang kita buat bisa menarik perhatian orang-orang, maka pilihlah topik-topik yang menarik, atau yang sedang booming dengan tidak menghilangkan ciri khas dari vlog kita. Kemudian kita bisa membuat hasil vlog tadi dengan cara sekreatif mungkin seperti dalam hal pengeditan video, penyampaian topik yang dibahas, dan lain-lain. Setelah vlog yang kita buat sudah jadi, maka selanjutnya kita perlu mengunggah ke YouTube. Mengapa YouTube? Sebab YouTube merupakan situs video terbesar di dunia dengan durasi yang lama dibandingkan dengan Instagram yang durasinya 1 menit atau Vine yang hanya 6 detik. Selain itu YouTube juga memiliki fitur subscription yang memungkinkan viewers dapat memperbarui video-video yang kita unggah di channel YouTube kita.

Pages 1 2