Menilik Indahnya Pantai Goa China

Pemandangan batu karang hijau raksasa menambah keindahan Pantai Goa China di Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Nina/Manunggal)

Pemandangan batu karang hijau raksasa menambah keindahan Pantai Goa China di Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Nina/Manunggal)

ManunggalCybernews—Kabupaten Malang, Jawa Timur, rupanya tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya, tetapi juga memiliki keindahan alam yang patut menjadi destinasi wisata. Pantai Goa China di selatan Kota Malang, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing, salah satunya.

Tentang nama Goa China, penduduk sekitar menceritakan bahwa dahulu ada seorang biksu yang sedang bertapa di dalam goa yang terletak di pinggir laut. Ketika ada seseorang yang memasuki goa tersebut,  terdapat sisa tulang belulang dari biksu yang telah meninggal. Singkat cerita, biksu tersebut meninggalkan tulisan mandarin yang ada di langit-langit goa. Adapun mitos yang menyatakan bahwa goa tersebut sering dikunjungi masyarakat untuk mencari peruntungan.

Meski akses menuju pantai cukup sulit karena jalan yang berliku-liku, panorama yang ditawarkan tempat ini dapat membayar lunas semuanya. Cukup dengan membayar Rp 10 ribu per orang, pengunjung sudah dapat menikmati kelembutan pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai dan deburan ombak yang menghantam batu karang tak jauh dari tepi pantai. Saat pagi dan senja, pengunjung dapat berjalan di sepanjang tepi pantai untuk menikmati sunrise dan sunset. Namun untuk berenang di pantai ini, pengunjung harus berhati-hati karena tingginya ombak.

Kondisi pantai yang bersih dan sejuk, membuat para pengunjung betah berlama-lama  dan keindahan pantai ini pun dapat dinikmati sambil berkemah. Tentunya, keindahan pantai Goa China  akan selalu dapat dinikmati apabila para pengunjung senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. (Nina/Manunggal)