Media Online Perlu Waspadai Dangkalnya Informasi

Wakil Pemimpin Redaksi Koran Sindo Djaka Susila menyampaikan materi mengenai Mapping Issue dalam Gensindo Journalism Camp, di Wisma Indofood, Kamis (13/8). (Fajrin/Manunggal)

Wakil Pemimpin Redaksi Koran Sindo Djaka Susila menyampaikan materi mengenai Mapping Issue dalam Gensindo Journalism Camp, di Wisma Indofood, Kamis (13/8). (Fajrin/Manunggal)

ManunggalCybernews—Pesatnya perkembangan internet saat ini membuat media cetak harus pintar-pintar cari inovasi. Hal tersebut disampaikan Redaktur Pelaksana Koran Sindo Hana Farhana dalam materi Penulisan dan Teknik Wawancara, Kamis (13/8). Hal senada juga diungkapkan Wakil Pemimpin Redaksi Koran Sindo Djaka Susila dalam sambutan pembukaan Gensindo Journalism Camp, Kamis-Sabtu (13-15/8) di Wisma Indofood, Cibodas, Cianjur, Bogor.

Djaka mengatakan, selain memberikan manfaat, internet juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah dangkalnya informasi yang ditulis pada kebanyakan situs media online. Hal tersebut merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi media saat ini.

Menurut anggota Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Koran Sindo Esti Setiyowati, saat ini sedikit mahasiswa yang tertarik dengan dunia jurnalistik. Itulah tantangan lain yang harus digarap media, yaitu mempersiapkan generasi muda yang mengerti dunia jurnalistik.

Kegiatan yang mengusung tema Journalism for Young Generation ini, diselenggarakan untuk memberikan wawasan seputar jurnalistik kepada mahasiswa.  “Gensindo Journalism Camp ini tahun pertama, sebenarnya tahun lalu kita juga mengadakan, tapi beda konsep. Tahun lalu kita mengadakan di kantor (Sindo),“ ungkap Esti.

Acara ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi di Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu, UI, IPB, UNJ, Unpad, IISIP, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Undip.  Para mahasiswa tersebut antara lain volunteer komunitas Gensindo, anggota komunitas GenBI atau Generasi Baru Indonesia (penerima beasiswa Bank Indonesia), para mahasiswa yang pernah mengirimkan tulisannya di rubrik Poros Mahasiswa Koran Sindo, dan anggota Pers Mahasiswa (persma).

“Aku suka sama acaranya, edukatif dan tentunya seru. Harapannya, mudah-mudahan Gensindo Journalism Camp ini bisa dilaksanakan regularly dan pesertanya pun kalau bisa dari pers mahasiswa di seluruh Indonesia,” ungkap mahasiswa Jurusan Agribisnis Universitas Padjajaran, Widya Ramadhani sebagai peserta perwakilan dari persma Genera Fakultas Pertanian Unpad. (Gina/Manunggal)