Manfaatkan Limbah Akar Jadi Abon Pisang

Tim II KKN Undip Desa Kedungumpul ubah limbah akar menjadi abon pisang. (Dok. Istimewa)

Pisang ternyata menjadi buah favorit rakyat Indonesia. Data Kementerian Pertanian menunjukkan konsumsi pisang dalam lima tahun terakhir selalu menempati posisi tertinggi di antara jenis buah yang lain. Pada 2013, konsumsi pisang mencapai 5,68 kilogram per kapita per tahun. Tingkat konsumsi tersebut lebih tinggi dibanding konsumsi rambutan yang rata-rata 4,12 kilogram per kapita per tahun. Begitu pula konsumsi jeruk yang hanya 2,24 kilogram per kapita per tahun.

Tumbuhan ini memiliki manfaat lebih karena pada dasarnya semua bagian pohon pisang bisa dimanfaatkan dari atas daun hingga ujung akar. Namun, banyak masyarakat yang belum mengetahui hal tersebut sehingga banyak bagian yang masih dianggap sebagai limbah seperti akar pisang.

Abon pisang dari limbah akar. (Dok. Istimewa)

Tim II KKN Undip  Desa Kedungumpul berhasil mengubah limbah akar pisang menjadi abon yang kaya akan manfaat Akar pisang faktanya mengandung berbagai nutrisi yang dapat memberikan efek menyehatkan bagi tubuh. Kandungan yang dimiliki akar pisang antara lain Serotonin, Norepinefrin, Tanin, Hidroksitriptamin, Dopamin, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Meskipun belum ada penelitian lebih mendalam, akar pisang diklaim dapat mengobati penyakit Hematuria atau kencing berdarah yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kandung kemih.

Raden Iqbal

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik