Mahasiswa Undip Ciptakan Kapal Pendeteksi Tingkat Kesadahan Air

Dokumentasi Istimewa.

Kesadahan air adalah kandungan mineral-mineral tertentu di dalam air, umumnya ion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam bentuk garam karbonat. Air yang memiliki tingkat kesadahan tinggi disebut dengan air sadah. Air sadah dapat menyebabkan masalah cukup serius dalam jangka panjang karena mengandung kadar kalsium anorganik yang tinggi. Jika kalsium anorganik dikonsumsi, maka akan langsung dibuang melalui sistem sekresi dan sebagian akan mengendap di ginjal. Pada jangka waktu tertentu akumulasi kalsium dalam tubuh akan menyebabkan batu ginjal dan sebagian lagi akan mengendap di dalam darah menyebabkan pengapuran yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Oleh karena itu perlu diciptakannya suatu alat pendeteksi tingkat kesadahan air untuk mencegah pengonsumsian air sadah.

Tim yang bergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM KC) yang beranggotakan Iqbal Habib, Dina Lutfiana Safitri, Atha Dwira Perdana, membuat suatu inovasi WARDSHIP (Water Hardness Detection Ship), yaitu kapal yang dapat mendeteksi tingkat kesadahan air yang hasilnya dapat dilihat langsung menggunakan smartphone. Kapal ini dapat memudahkan pendeteksian ke tengah sungai karena tingkat kesadahan air pada tepi dan tengah sungai berbeda.

WARDSHIP dikendalikan dengan remote control dan hasil deteksi sensor ditransfer ke smartphone dalam bentuk data melalui aplikasi yang praktis dan mudah. Pembacaan data dari sensor akan diteruskan menuju smartphone dengan menggunakan media Wifi. Dengan direalisasikannya kapal ini diharapkan dapat mengurangi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam pengkonsumsian air.

Tim ini dibimbing oleh Bapak Good Rindo, ST, MT., Dosen S1 Teknik Perkapalan Undip. Kelebihan alat ini dibandingkan alat pendeteksi tingkat kesadahan air lainnya, yaitu mudah dibawa kemana-mana dan dapat menjangkau sampai tengah sungai serta hasilnya dapat langsung dibaca menggunakan smartphone.

Oleh :
Iqbal Habib
Mahasiswa Jurusan S1 Teknik Perkapalan
Fakultas Teknik Angkatan 2015