Mahasiswa Teknik Ciptakan Inovasi Keamanan Mobil

Tim PKM-KC foto bersama dosen pembimbing saat Monev.Dikti (Dok. Pribadi)

Tim PKM-KC foto bersama dosen pembimbing saat Monev.Dikti (Dok. Pribadi)

ManunggalCybernews – Mobil tiba-tiba berhenti di tengah jalan saat sedang mudik, dan mengetahui bahwa ternyata aki mobilnya bermasalah. Pengalaman pribadi itulah yang membuat Muhammad Yahya (TeknikElektro) bersama Taufiqqurrahman (Teknik Elektro), Fahmi Pranadita (Teknik Elektro), Fitra Arisabmika (Teknik Mesin), dan Wafid Hudaya (Teknik Elektro) memunculkan gagasan untuk membuat suatu alat yang dapat memantau kondisi pada mobil bernama ECOCAR.

Ide ini tercetus lantaran mereka berpikir bahwa ketika kondisi mobil sudah diketahui sebelum dikemudikan, mobil dapat diperbaiki terlebih dahulu, sehingga tidak perlu was-was saat akan pergi. Oleh karena inovasi tersebut, PKM-KC ini berhasil maju untuk berlaga di ajang Pimnas ke-28 pada Oktober mendatang.

ECOCAR dirancang sebagai penggabung sistem keamanan, utilitas, dan monitoring perangkat pada mobil. Seperti diketahui, pada alat transportasi, khususnya mobil, keadaan bensin yang masih penuh atau akan habis mudah untuk diketahui. Namun, kondisi bagian mobil lain, seperti aki, radiator, kampas rem, dan minyak rem pada mobil tidak mudah untuk diketahui. Sehingga, ECOCAR dapat membantu untuk memantau kondisi perangkat-perangkat tersebut.

Sistem ECOCAR ini menggunakan mini computer Raspberry Pi dalam melakukan fungsinya. Cara kerjanya, dengan memasangkan sistem ECOCAR pada mobil, lalu sistem tersebut disambungkan ke aki sebagai sumber daya, kemudian saklarnya dihidupkan. Maka, alat tersebut secara otomatis menjalankan fungsi-fungsinya.

Selain itu, sistem ini juga dilengkapi pengamanan pintu mobil melalui Bluetooth dengan aplikasi di Smartphone pengguna, Sehingga, pengguna pun semakin mampu meningkatkan keamanan mobilnya. Menurut pengamatan, ada beberapa orang lupa mengunci pintu mobilnya.

ECOCAR juga dapat merekam data teknis mobil. Melalui aplikasi tersebut semua kondisi perangkat di mobil dapat diketahui langsung oleh pengguna tanpa harus mendatangi dealer mobil.“Contohnya besar suhu dan tekananan radiator, besar tegangan dan arus aki , begitu juga yang lainnya. Nanti semua data yang ada di mobil bisa dilihat di sini,” kata Yahya saat menerangkan prinsip kerja aplikasi tersebut.(Fira/Manunggal)