Mahasiswa Sasindo Pentaskan Puisi Raya

musikalisasi puisi

Penampilan dramatisasi dan musikalisasi puisi Mengenang Sebelum Pulang di Gedung Teater FIB Undip, Sabtu (6/6). (Nina/Manunggal)

ManunggalCybernews—Jurusan Sastra Indonesia 2013 menggelar Puisi Raya bertema Kata-Peluru-Waktu. Dramatisasi dan musikalisasi puisi tersebut digelar di Ruang Teater FIB Undip, Sabtu (6/6). Acara ini merupakan bagian dari tugas akhir mata kuliah pengkajian puisi.

Terdapat beberapa judul puisi yang ditampilkan, yaitu Jangan Ditinggalkan, Mengenang Sebelum Pulang, Terbit, Pusara Keadilan, dan Tersina Pembakaran Shinta. Selain puisi, terdapat juga penampilan Tari Semarangan yang dibawakan dua mahasiswa Sastra Indonesia 2011 dan 2014. Para dosen juga berpartisipasi untuk membawakan puisi berjudul Gugur karya Ws. Rendra, Kesaksian karya Wiji Tukul, dan Kencing karya Hermintoyo.

“Meski terhambat kesibukan masing-masing, alhamdulillah acara ini tetap dapat diselenggarakan,” kata pimpinan produksi puisi, M. T Jangka. Ia juga berharap Sastra Indonesia 2014 bisa bergerak cepat dalam merencanakan pementasan, baik drama maupun puisi.

“Acaranya keren banget, puisi tapi bisa didramain. Sayangnya, dari pihak panitia nggak tegas sama peraturan yang sudah dibuat, seperti larangan memakai flash saat memotret,” ujar mahasiswa jurusan Sastra Indonesia 2014, Fianda Suci. (Nissa, Zulfa/Manunggal)