Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Asap Cair sebagai Inovasi Cara Pengasapan Ikan

(Dok.Istimewa)

Ikan mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Namun ketertarikan masyarakat Desa Bakalan terhadap ikan sangat kurang karena tidak adanya inovasi dalam olahan ikan. Berdasarkan hal tersebut mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Bakalan Kabupaten Batang menghimbau masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan dengan cara memberikan edukasi gemar makan ikan dengan topik aneka olahan ikan lele. Menariknya, ikan lele ini diolah dengan asap cair yang merupakan sebuah inovasi cara pengasapan ikan terbaru. Sasaran dalam kegiatan ini merupakan ibu rumah tangga yang berperan dalam menyiapkan makanan keluarga.

Dalam kegiatan ini peserta dipaparkan dan dipraktekkan konsep cara pembuatan, pemanfaatan, dan kelebihan asap cair dibandingkan dengan pengasapan secara konvensional. Asap cair mempunyai kelebihan diantaranya sebagai bahan pengawet alami, praktis dalam pengaplikasiannya, hemat,  higienis, dan bisa diaplikasikan ke semua jenis daging. Hasil dari olahan asap cair ini mempunyai cita rasa seperti ikan asap pada umumnya. Ikan yang digunakan sebagai contoh yaitu ikan lele. Jadi ikan lele yang dihidangkan di hadapan ibu-ibu bukanlah lele goreng biasa, melainkan ikan lele asap. Selain olahan ikan dengan asap cair juga dipaparkan cara pembuatan nugget berbahan dasar ikan lele.

Peserta sangat antusias selama kegiatan berlangsung ditunjukkan dengan diskusi antar peserta dan pembicara. Diharapkan dengan berlangsungnya kegiatan ini dapat meningkatkan ketertarikan warga untuk berkreasi dalam mengolah ikan untuk sajian keluarga.

Agniya Ridha Safitri

Mahasiswi Jurusan S1 Biologi

Fakultas Sains dan Matematika