Mahasiswa KKN Kembangkan Inovasi Produk Olahan dari Susu Sapi

(Dok.Istimewa)

Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, dikenal sebagai Kampung Tematik Sapi Perah karena banyaknya susu sapi yang tersedia dari hasil peternakan sapi. Kelurahan Gedawang sendiri memiliki beberapa tempat pengolahan pangan. Namun, masih banyak susu sapi yang dijual mentah sebelum diolah menjadi produk pangan. Menanggapi hal tersebut, Tim KKN Undip Semarang membuat  produk pangan keju dan tahu dengan bahan utama susu sapi.

Dwi Irawan dan Shintya, mahasiswa KKN Undip menunjukkan keju dan tahu yang sudah dibuat. Yang selanjutnya menyelenggarakan pelatihan pembuatan produk olahan susu sapi berupa  keju dan tahu bersama PKK Kelurahan Gedawang RW 10, Sabtu (2/2).

Shintya, salah satu penanggung jawab acara itu, mengatakan, tujuan dari adanya pelatihan tersebut yaitu untuk menambah keterampilan. “Ini digunakan untuk memberikan bekal dan keterampilan dalam memproduksi produk olahan susu sapi,” ujarnya.

Mahasiswi Jurusan Fisika itu melanjutkan, “Pembuatan keju dan tahu membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga harus memperhatikan tahap-tahap pembuatan agar hasilnya baik.”

Dwi Irawan, salah satu penanggung jawab juga, berharap agar produk yang dihasilkan nantinya dapat diproduksi secara massal dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Aqilatul FitrI Dyah

Mahasiswa Jurusan Fisika angkatan 2015