Mahasiswa Baru DIII Batal Bebas SPI

(Ilustrasi: Adi/Manunggal)

(Ilustrasi: Adi/Manunggal)

ManunggalCybernews— Isu kenaikan UKT dan SPI untuk mahasiswa baru 2016 terjawab sudah. Melalui web resmi um.undip.ac.id dipublikasikan Keputusan Rektor Nomor 405/UN7.P/HK/2016 tentang Penetapan Besaran Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per mahasiswa per semester serta Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Program Sarjana S1 dan Diploma Universitas Diponegoro Tahun 2016. Berdasarkan edaran tersebut, UKT tertinggi mencapai Rp23 juta serta SPI tertinggi Rp150 juta.

Edaran tersebut juga tidak senada dengan pernyataan Wakil Rektor 1 Prof Zainuri yang pernah mengemukakan bahwa program diploma III dibebaskan SPI. Berdasarkan berita dengan judul “Mahasiswa Baru DIII Bebas SPI” yang dipublikasikan pada 8 Maret 2016, Prof Zainuri menegaskan, subsidi negara diberikan pada mahasiswa S1.

“Kalau yang DIII itu SPP-nya ditetapkan program masing-masing, jadi sebetulnya tidak pakai UKT pun sudah self-succifient,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, masih diupayakan konfirmasi dari pihak yang bersangkutan mengenai hal tersebut. (Astrid/Manunggal)