LPM Manunggal Gelar Talkshow dan Workshop

Penyerahan plakat oleh Sekretaris Umum LPM Manunggal, Indraswari Nur Imaniati, kepada Haryanto Saputra, yang hadir sebagai pembicara dalam Talkshow dan Workshop Sindo Media Goes to Campus, di Auditorium Gedung I FPIK Undip, Sabtu (13/12). (Kalista/Manunggal)


ManunggalCybernews – Lembaga Pers Mahasiswa Manunggal Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan Talkshow dan Workshop Sindo Media Goes to Campus di Auditorium Gedung I Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip, Sabtu (13/12).

Acara bertajuk Konvergensi Media di Era Digital ini, mendatangkan Djaka Susila (Wakil Pemimpin Redaksi Koran Sindo), Hanna Farhana (Redaktur Pelaksana Koran Sindo), Driantama Wakil (Pemimpin Redaksi Sindo TV),  dan Haryanto Saputra (Presenter Sindo TV).

Menurut Djaka, konvergensi media menjadi metode yang efektif untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, karena mampu mencakup berbagai media hanya dalam satu wadah. Namun, Djaka menjelaskan, konvergensi media hanya dapat dicapai jika lima aspek konvergensi terlaksana. Aspek-aspek tersebut menurut Djaka antara lain, audiens, media, infrastruktur, regulasi, dan teknologi.

Selain memeroleh materi konvergensi media, peserta juga dilibatkan dalam workshop broadcasting oleh Haryanto. Menurut Haryanto, semua orang pada dasarnya adalah presenter. Oleh karena itu, dia mengatakan, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang news anchor. Berbeda dari presenter pada umumnya, kata Haryanto, news anchor harus memiliki pengetahuan dan kemampuan memberikan pemahaman kepada publik mengenai berita yang disampaikan.

“Untuk menjadi news anchor,  tidak cukup hanya good looking. Karena yang penting adalah kecerdasan dan konten yang disampaikan,” kata Haryanto.

Pada workshop tersebut, peserta mendapat kesempatan untuk menyusun berita dan membacakannya di depan peserta lain, layaknya seorang news anchor.

Terkait pelaksanaan acara, Mizan Ikhsanul Rahman, ketua panitia, berterimakasih kepada pihak Sindo Media atas kerja sama dengan LPM Manunggal dan juga peserta yang menunjukkan antusiasme mereka sehingga mendukung kelancaran acara.

“Semoga dengan adanya acara ini, para peserta, terutama mahasiwa, mendapat ilmu dan wawasan yang bermanfaat serta terinspirasi untuk minimal menjadi orang-orang yang hebat di bidangnya, seperti para pembicara,” ujar Mizan. (Kalista/Manunggal)