Pimrus LPM Manunggal Berikan Materi Fotografi

ManunggalCybernews—Pemimpin Perusahaan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Manunggal Universitas Diponegoro, Fikri Maulana, menyampaikan materi fotografi pada Workshop Jurnalistik yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM FK) Universitas Diponegoro di Gedung C Ruang 11, Sabtu (26/4).

Terdapat tiga hal yang disampaikan Fikri pada awal materi, yaitu cara menentukan angel, momen, dan komposisi. Menurut Fikri, fotografer yang mengetahui teknik pengambilan foto dengan ketiga hal tersebut, dapat menghasilkan foto yang tidak monoton. Sebagai contoh, teknik framing dari ban sepeda motor untuk mendapatkan foto seorang montir yang sedang memperbaiki sepeda motor. “Foto jadi tidak monoton karena diambil dari sudut pandang yang berbeda,” kata Fikri. Menurutnya, untuk dapat menentukan angle, momen, dan komposisi yang tepat, diperlukan banyak latihan dan belajar.

Fikri juga menjelaskan tiga kategori foto yaitu, human interest, feature, dan berita. Sebagai fotografer pemula, human interest dapat dijadikan sarana belajar karena melibatkan objek tidak bergerak. Pada kategori foto ini, dapat diperoleh potret kehidupan seseorang yang menggambarkan suasana hati atau peristiwa yang dihadapi objek foto. Sedangkan, untuk kategori foto feature dan berita, foto dapat diperoleh dari berbagai obyek yang dapat memberikan nilai pada suatu berita.

Foto jurnalistik adalah bagian dari informasi yang harus dipublikasikan karena sarat akan pesan dan nilai sosial. “Jurnalistik itu bukan sekadar menyampaikan, tapi juga mengajarkan,” ujar Fikri menutup materinya. (Kalista/Manunggal)