Lima Hal Unik yang Terjadi Saat Kunjungan Jokowi ke Undip

Presiden RI Joko Widodo turun dari podium untuk blusukan di tengah padatnya peserta upacara puncak Dies Natalis ke-60 Undip pada Selasa, (17/10) di Stadion Undip, Tembalang. (Kadek/Manunggal)

ManunggalCybernews—Menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam puncak peringatan Dies Natalis Undip ke-60 pada Selasa (17/10), Undip telah menyiapkan semuanya sejak jauh hari. Banyak hal unik yang terlihat pada hari upacara yang dihadiri oleh orang nomor satu di Indonesia ini, berikut ini hal-hal unik yang terjadi.

  1. Kegiatan Akademik Dilburkan.

Pengumuman mengenai diliburkannya kegiatan akademik di Undip telah disebarkan sebelum diadakannya upacara Dies Natalis Undip ini. Kegiatan akademik diliburkan dan wilayah Undip diharuskan steril sejak Senin-Selasa, (16-17/10). Tidak hanya itu, dalam waktu yang cukup singkat, Undip juga membenahi beberapa fasilitas diantaranya adalah pembenahan taman menuju Stadion Undip sebagai lokasi upacara yang akan dilewati oleh Presiden Jokowi. “Itu kebijakan dari Pemda,” jelas Prof. Yos, saat ditanya mengenai konfirmasi pembenahan taman oleh tim Cybernews Manunggal di lokasi usai acara.

  1. Ketatnya Pemerikasaan Peserta Upacara.

Ketatnya pemeriksaan untuk mengikuti rangkaian upacara ini telah diinformasikan sebelumnya melalui pemberitahuan oleh beberapa official account resmi dari Undip dan pengumuman dari pihak rektorat, dimana peserta upacara tidak diperkenankan untuk membawa handphone dan wajib membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Selain itu juga dilakukan pemeriksaan ketat melalui metal detector saat memasuki lokasi upacara. Hal ini dilakukan atas alasan pengamanan dan mencegah kejadian yang tidak terduga pada saat upacara berlangsung.

  1. Toilet Umum Portable.

Pemberitahuan terkait dengan orasi ilmiah yang dihadiri oleh Jokowi ini juga menyebutkan bahwa peserta tidak diperkenankan untuk meninggalkan tempat duduk selama presiden menyampaikan orasinya, termasuk pula untuk pergi ke kamar kecil. Mengantisipasi hal tersebut, Undip ternyata telah menyediakan fasilitas toilet umum portable di area luar Stadion Undip.

  1. Lokasi Upacara Tergenang Air Dan Becek, Jokowi Tetap Blusukan.

Hujan yang mengguyur Semarang pada hari sebelumnya, Senin (16/10), menyebabkan lokasi upacara yang dihadiri oleh ratusan peserta dari mahasiswa baru 2017 tergenang air dan menyebabkan lokasi upacara tidak cukup mendukung. Terlihat adanya genangan air dan kondisi becek pada lokasi peserta upacara. Meskipun dengan kondisi demikian, ternyata Presiden Jokowi tetap blusukan di tengah padatnya peserta upacara. Jokowi turun ke lokasi peserta untuk menyapa dan tidak segan membiarkan pakaiannya ikut menjadi kotor akibat genangan air dan becek.

  1. Fakultas Digital Ekonomi.

Melihat peluang mengenai komunikasi dan media saat ini, Jokowi memunculkan celetukan usulan mengenai pembentukan fakultas baru di Undip “Kenapa Undip tidak menyiapakan fakultas digital ekonomi? Jursannya bisa jurusan toko online. Bisa juga jurusan meme. Metode pembelajaran disesuaikan dengan generasi Y kita,” ujar Jokowi di tengah orasinya. (Kadek/Manunggal)