KSR PMI Unit FKM Undip Gelar Fire Rescue

Salah satu peserta sedang memadamkan api saat simulasi kebakaran dalam kegiatan fire rescue di halaman depan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro, Minggu (8/6). (Ririn/Manunggal)

 

ManunggalCybernews – Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (KSR PMI FKM Undip) menggelar Fire Rescue di FKM Undip, Sabtu-Minggu (7-8/6). Acara yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan PMI Kota Semarang ini, memberikan materi mengenai simulasi penanganan bencana kebakaran kepada para peserta.

Ketua panitia, Aprilia Putri, mengatakan simulasi bertajuk Build Your Skill to Fight The Fire ini, merupakan program kerja tahunan KSR PMI unit FKM Undip.

“Kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada peserta tentang penanganan dini terhadap bencana kebakaran,” ujarnya.

Putri menambahkan, kegiatan ini merupakan wadah untuk pengembangan diri peserta guna melatih kesigapan menanggulangi musibah kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Dengan begitu, peserta bisa menyalurkan ilmunya dalam memadamkan api dan menolong korban ketika terjadi kebakaran,” katanya menambahkan.

Salah satu peserta kegiatan, Annisa Amaliana, mengatakan tertarik mengikuti acara ini karena ingin memiliki kemampuan untuk membantu orang lain ketika sedang dalam kondisi darurat.

“Melalui acara ini, saya belajar banyak ilmu yang berhubungan dengan tanggap darurat bencana, seperti evakuasi, membuat jalur pemetaan bencana, mengenal tentang kebakaran dan bagaimana cara memadamkan api mulai dari cara tradisional sampai cara modern,” ujarnya. (Ririn/Manunggal)