Konsep Green Habit, Memperkenalkan Maba Undip akan Perlunya Penghijauan

Penyerahan bibit tanaman oleh mahasiswa baru Undip 2018 kepada pihak Undip sebagai sebagai salah bentuk realisasi penghijauan kampus sesuai dengan tema green habit yang diusung pada Mahakarya ODM 2018(Veren/Manunggal)

ManunggalCybernews- Penutupan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2018 pada Minggu, (12/08) mengenalkan konsep Green Habit kepada mahasiswa baru Undip 2018. Menurut ketua ODM 2018, Hanif Ruhul Jihad, konsep green habit ini sendiri bertujuan untuk menanamkan kebiasaan pada Diponegoro Muda agar mulai menjaga kebersihan  sejak dini.  “Ketika mereka sudah bisa membiasakan diri untuk menjalankan kebersihan berarti mereka juga bisa menyebarkan hal tersebut kepada orang-orang di sekitarnya,” terangnya.

Dalam orasinya, Ketua ODM Undip 2018 mengatakan bahwa dalam penutupan ODM kali ini panitia menyediakan kantong sampah secara terpisah. “Kami menyediakan kantong hitam untuk sampah yang dapat didaur ulang dan karung untuk sampah yang tidak dapat digunakan kembali,” jelasnya.

Selain itu, dalam mendukung konsep green habit, mahasiswa baru Undip 2018 menyerahkan seribu pohon untuk selanjutnya akan dilakukan penanaman di waktu mendatang. Penyerahan pohon dilakukan secara simbolis oleh perwakilan mahasiswa baru kepada Wakil Rektor I selaku perwakilan Undip. “Hari ini kita syukur Alhamdulillah seribu pohon dari adik-adik saya terima, mudah-mudahan menjadikan kampus Universitas Diponegoro lebih hijau dan menyejukkan,” ujar Prof. Zainuri.

Penampilan drama kolosal pada Mahakarya ODM 2018, Selasa (12/8) di Stadion Undip, Tembalang. (Veren/Manunggal)

Konsep green habit yang diusung pada Mahakarya ODM 2018 ini turut  digambarkan melalui penampilan drama kolosal yang berisi penampilan teater dan tarian oleh perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Undip. Melalui mahakarya ini diceritakan harapan untuk penghijauan Indonesia sesuai dengan warna hijau yang dominan pada penampilan mahakarya.

“Drama kolosalnya menggambarkan kondisi alam saat ini yang mulai rusak dengan dilakukannya berbagai pembangunan. Sehingga diharapkan melalui konsep green habit  dapat dilakukan penghijauan kembali terhadap alam Indonesia. Salah satunya adalah dengan penanaman pohon,” ujar Jora Linca, salah satu penampil drama kolosal dari UKM Teater Dipo. (Erlin/Manunggal)