Kombo 10 Manfaatkan Sampah Organik

Tim Kombo 10 berfoto bersama. (Dok. Istimewa)

Tim Kombo 10 berfoto bersama. (Dok. Istimewa)

ManunggalCybernews — Sepuluh Komposter dan Biostater (Kombo 10) merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) yang menggagas pembuatan pupuk olahan dari sampah organik. Program ini dicetuskan oleh empat mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Undip yaitu Indra Riadi, Bella Anggita, Imam Noor Said, dan Yunita Fahni.

Ketua tim Kombo 10, Indra Riadi mengatakan program ini berangkat dari keprihatinan kondisi sampah organik di sepanjang jalan yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Tim pun membuat pupuk kompos dan pupuk cair menggunakan dua metode berbeda, yaitu dengan fermentasi bakteri aerob dan bakteri anaerob. Sosialisasi dilakukan sejak Januari hingga Juni di Desa Mluweh Kecamatan Ungaran Timur. Meski tim sempat kesulitan mengatur jadwal dengan warga, sosialisasi disambut antusias oleh warga dan LSM Bintari.

“Sampah organik terutama batang pisang, kami gunakan untuk membuat pupuk cair. Sedangkan sampah organik lainnya digunakan untuk pupuk kompos. Dengan memanfaatkan sampah organik, kami juga dapat menghemat biaya,” kata Indra. (Dela, Rizko/Manunggal)