KKN Tim I Undip Manfaatkan Potensi Kopi Menjadi Selai Kopi

(Dok.Istimewa)

Kopi merupakan salah satu hasil tani terbesar dari sektor perkebunan di Desa Semen, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Sebagian besar wilayah perkebunan Desa Semen adalah kebun kopi, karena termasuk wilayah dataran tinggi yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi. Hasil panen kopi kemudian diolah menjadi kopi bubuk.
Hampir seluruh rumah warga Desa Semen memiliki persediaan kopi bubuk untuk dikonsumsi sehari-hari. Kopi bubuk biasanya disajikan dengan cara menyeduhnya dengan air panas sebagai minuman. Berawal dari potensi yang ada di Desa Semen, KKN Tim I Undip 2019 mencoba berbagi ilmu yaitu melalui pelatihan pengolahan selai kopi bersama ibu-ibu PKK Desa Semen. Pelatihan pengolahan kopi bubuk menjadi selai kopi berlangsung di Ruang Sekretariat PKK Desa Semen Kecamatan Wonoboyo, pada Minggu (10/02).
Pengolahan kopi bubuk menjadi selai ini juga menjadi salah satu langkah untuk mendukung ketahanan pangan Indonesia yaitu melalui diversifikasi pangan berbahan dasar produk lokal. Adanya pelatihan ini diharapkan mampu bersaing dengan produk lainnya sehingga produk selai kopi ini mampu menjadi salah satu produk unggulan desa Semen. Pengolahan kopi bubuk menjadi selai ini bertujuan untuk meningkatkan cita rasa dan nilai jual dari kopi serta mampu membantu meningkatkan pendapatan warga dengan cara memasarkan selai kopi.
Selai kopi olahah ibu-ibu warga Desa Semen ini dinamakan dengan SEKOP SEMEN atau Selai Kopi ala Warga Desa Semen. Antusiasme ibu-ibu peserta pelatihan yang sangat mendukung mampu memberika harapan positif untuk terus mengembangkan produk selai kopi menjadi produk unggulan masyarakat Desa Semen, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa tengah.

Alyarahma Nur Aisya
Teknologi Pangan UNDIP