KKN Reguler dan Tematik Akan Dilaksanakan Bersama

(Ilustrasi: Fatma/Manunggal)

(Ilustrasi: Fatma/Manunggal)

ManunggalCybernews–Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler dan KKN tematik Undip tahun ini akan dilaksanakan dengan alokasi waktu yang sama yaitu setelah Ujian Akhir Semester (UAS) dengan persiapan pembekalan yang telah dilakukan sebelumnya. Sekretaris Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Fahmi Arifan, mengatakan alokasi waktu yang sama tersebut dilakukan agar kegiatan KKN tematik yang berlangsung di setiap akhir pekan sebelum UAS tidak mengganggu sistem perkuliahan.

Selain itu, lanjut Fahmi, mahasiswa yang mengikuti KKN tematik maupun KKN reguler nantinya akan diberangkatkan dengan transportasi besar, sedangkan untuk kendaraan seperti sepeda motor akan diangkut dengan truk. “Kenapa dilakukan kayak gitu, karena masalah keamanan dimana ada yang pernah kecelakaan. Jadi mahasiswa tidak bolak balik,” jelas Fahmi ketika ditemui tim Cybernews Manunggal di ruangannya, Jumat (17/03).

Fahmi menambahkan, kedepannya akan diadakan sosialisasi mengenai penyamaan alokasi waktu KKN kepada para dosen yang mengajukan proposal penelitian. Sosialisasi tersebut akan dilaksanakan setelah adanya penandatanganan kontrak antara Undip dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai pihak yang mendanai kegiatan KKN.

“Nanti semua yang diterima KKN tematik akan dikumpulkan baik yang  diterima oleh Dikti maupun dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM). Nanti akan dikumpulkan semua kemudian akan dikonfirmasi waktunya atau penyamaan presepsi agar tidak ada yang jalan dulu,” papar Fahmi. (Kadek/Manunggal)